Tunggu Juknis, DSP Cair

AMBON, MG.com – Dana stimulan recovery rumah terdampak gempa menunggu petunjuk teknis (juknis) yang mengatur persoalan teknis terkait pembayaran dana tersebut kepada masyarakat.
“Juknis ini mengatur tentang bagaimana pengaturan pencairan dana tersebut harus ada tim ferivikasi dan lainnya. Juknis tersebut kemungkinan telah ada di Biro Hukum setelah ditandatangani pak gubernur lantaran beberapa hari belakangan ini terkendala akibat kesibukan beliau,” kata Kepala BPBD Maluku, Farida Salampessy kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

Dana Stimulan Pembangunan (DSP) tambah Salampessy sesuai arahan BNPB tidak bisa dicairkan ke kabupaten dan kota tanpa Juknis tersebut.
“Dana tersebut ada di BPBD Provinsi Maluku selaku koordinator tetapi pelaksana teknianya ada di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman kabupaten dan kota,” kata Salampessy.

Sedangkan untuk rehabilitasi rekonstruksi diusulkan secara reguler. “Gempa pada tanggal 26 September 2019, pada tanggal 27 September, Gubernur Maluku serta Kepala Bappeda dan dinas teknis terkait lainnya menyusun proposal dan dikirim ke Presiden RI.
“Proposal ini telah direspon Presiden, dengan cara diserahkan ke Kementerian PUPR dan telah dikoordinasikan dengan BNPB selanjutnya disampaikan ke Pemda Maluku melalui Sekda Maluku, dan telah ditindaklanjuti BPBD Maluku,” katanya.

Selanjutnya, pihak BPBD Maluku menggelar rapat koordinasi tahap pertama untuk lakukan ferivikasi bangunan dan selanjutnya ditangani Dinas PUPR karena merupakan fasilitas umum dan sosial. (On).

Tinggalkan Balasan