Longsor Tutupi Jalan Tial – Tenga Tenga

Polri/TNI dan Warga Bersihkan Material Longsor

AMBON, MG.com – Tanah longsor di Dusun Hanie Negeri Tial Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah pada Jumat (11/10/2019) menutupi akses jalan Tial – Tenag -Tengah. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 16.00 Wit dan diduga terjadi lantaran gempa yang bumi yang saat ini melanda Pulau Ambon dan sekitarnya.

Kasubag Humas Polres Ambon, Jul Kaisupy dalam keterangannya menjelaskan, menurut keterangan saksi Bripka La Syarief – Neka anggota Polsek Salahutu yang tinggal sekitar 200 meter dari TKP sebelum longsoran terjadi diawali bunyi benturan yang sangat kuat. Untuk memastikan sumber bunyi tersebut, saksi bersama warga sekitar berlari ke lokasi asal suara dentuman itu.

Betapa terkejutnya sakai setelah melihat kearah jalan menuju Negeri Tial ada dua bongkahan tanah yang longsor dari tebing menutupi akses jalan penghubung Negeri Tial-Tenga-Tenga.

Pukul 16.33 Wit Bhabinkamtibmas Bripka S. Tomadehe yiba di TKP dan melaporkan peristiwa tersebut kepada Kapolsek Salahutu AKP. I. Risambessy.

Tak lama berselang, pejabat Pemerintahan Negeri Tial, Salim Rolobessy mengarahkan alat berat berupa excavator milik PT. Mega Buana yang sementara digunakan Pemerintah Negeri Tial untuk membongkar jalan tani menuju TKP dan beberapa menit kemudian, Kapolsek Salahutu, AKP. I. Risambessy bersama tiga personil Polsek Salahutu tiba di TKP

Kemudian, Kapolsek Salahutu AKP. I. Risambessy pejabat Pemerintahan Negeri Tial, Salim Rolobessy, Bhabinkamtibmas Negeri Tial, Bhabinsa Negeri Tengah – Tengah, Koptu. Rahman dan Pelda. Abdulgofar Parihala, Bamin Komsos Koramil 1504 – 04 Salahutu bersama warga masyarakat Negeri Tial dan Negeri Tenga – Tenga membantu proses penghancuran dan pemindahan bongkahan batu menggunakan exsavator.

Sekitar 2,5 jam pekerjaan penghancuran batu tersebut selesai dikerjakan.
Dibantu masyarakat sekitar, Kapolsek Salahutu AKP. I. Risambessy, anggota anggota TNI dan warga membersihkan sisa material tersebut.

Tidak ada korban jiwa dan material pada peristiwa itu. Pukul 18.40 Wit Ruas Jalan Raya Menuju Negeri Tial yang sempat terputus sudah bisa dilewati kenderaan. (On)

Tinggalkan Balasan