Kontribusi TIK Bagi Pelayanan Birokrasi Maluku

Dari FGD Penerapan Tata Kelola TIK Diskominfo Maluku

AMBON, MG.com – Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Maluku, menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Penetapan Tata Kelola Teknologi Informatisi dan Komunikasi (TIK), yang belangsung di aula Diskominfo Maluku, kamis (15/08/2019).

Gubernur Maluku, Drs. Murad Ismail dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo Maluku, Frona Koedoeboen, mengatakan kemajuan di bidang teknologi dan komunikasi dewasa ini, telah memberikan kontribusi penting dan signifikan terhadap tuntutan pelayanan birokrasi pemerintahan dan pelayanan publik.

Oleh karenanya, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektrinik (SPBE).
“Yaitu penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE,” katanya.

Dijelaskan, sesuai pasal 3 Peraturan Presiden 95 tahun 2018 terdapat enam ruang lingkup pengaturan SPBE, yaitu tata kelola, manajemen, audit informasi dan komunikasi, penyelenggara, percepatan, pemantauan dan evaluasi SPBE.

Keterpaduan tata kelola SPBE, manajemen SPBE yang efektif, efisien dan berkesinambungan kata Gubernur untuk memberikan layanan SPBE yang berkualitas.
“Layanan berkualitas dapat dicapai apabila setiap instansi pemerintah melakukan integrasi proses bisnis, integrasi aplikasi dan berbagai pakai data antar instansi pemerintah sehingga tujuan SPBE untuk mewujudkan tata kelola pemerintah bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE dapat tercapai,” jelasnya.

Untuk itu, tambahnya, FGD yang dilaksanakan saat ini dapat menyatukan presepsi, pemahaman dan sekaligus komitmen bersama seluruh pimpinan OPD untuk menerapkan penyelenggaraan SPBE Pemeintah Daerah Maluku.

Oleh sebab itu dirinya berharap melalui FGD ini, dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang manfaat tata kelola teknologi informasi bagi kepentingan pelayanan publik.
“Semoga buah pikir saudara-saudara semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan demi kemajuan bangsa dan daerah Maluku, guna bersama-sama kita wujudkan visi pemerintah provinsi Maluku, yaitu Maluku yang terkelola secara jujur, bersih, dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan,” pintanya. (On)

Tinggalkan Balasan