Genmil Cerdas Pilih Kosmetika

  • Whatsapp
banner 468x60

Talk Show ‘Cerdas Memilih Kosmetika Aman’

AMBON, MG.com – BPOM RI serentak menggelar Talk Show ‘Cerdas Memilih Kosmetika Aman’. Kegiatan ini juga dilaksanakan BPOM Ambon, dengan menghadirkan Deputi BPOM Kementerian Kesehatan, Mayagustina Andarini, Selasa (13/08/2019).

Pada Talk Show tersebut, peserta yang didominadi generadi milenial (genmil) diingatkan agar membeli kosmetika legal.
Menurut Mayagustina, pengawasan kosmetik ilegal melalui pemeriksaan di laboratorium hasilnya masih kurang dan tidak menjangkau seluruh masyarakat, sehingga yang lebih penting adalah melaksanakan pencerahan kepada masyarakat terutama generasi muda trik memilih kosmetik legal.

“Masyarakat khususnya generasi muda, harus lebih lihai dan pahami tentang kosmetik yang baik dengan cara C Klik, cek kemasan, label, ijin edar dan kadarluarsa,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini, omset kosmetik sangatlah besar, pengusaha tak sedikit, namun terkadang disalahgunakan oleh pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab.

“Yang paling penting, anak muda jangan tergiur dengan iklan, jangan juga karena melihat kemasannya atau bentuknya yang unik, tetapi harus lebih teliti dalam melihat legalitas dari sebuah produk,” ingatnya.

Sementara itu, Kepala BPOM Ambon, Hariani menegaskan, kemudahan akses teknologi dan informasi memanjakan konsumen dengan memudahkan peroleh kosmetika secara online, tanpa mempedulikan keamanan kosmetika tersebut.

Untuk itu, peningkatan pengawasan melalui pilar pemberdayaan masyarakat khususnya generasi milenial sangat dibutuhkan untuk membentengi generasi muda Indonesia, khususnya pemuda di Maluku

“Disamping pilar pengawasan rutin yang dilakukan pemerintah dan produsen kosmetika, kebijakan konsumen dan kecerdasan dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keamanan mutlak diperlukan ditengah maraknya pilihan kosmetik yang ada saat ini,” tegasnya.

Menurut Hariani, kegiatan Talk Smart ‘Cerdas memolih kismetika Aman’ salah satu cara menarik minat generasi milenial memilih kosmetik yang aman.

Selain itu, kegiatan ini dalam rangka antisipasi agar konsumen, terutama anak milenial tidak membeli kosmetika ilegal, dengan cara mencerdaskan mereka.

“Peserta didominasi anak atau generasi milenial tujuannya, anak-anak milenial dikasih pengetahuan bagaimana memilih kosmetik yang aman, jadi sudah kita sampaikan bagaimana mengecek registrasinya, mekanismenya seperti apa dan jangan tergiur iklan sebab sekarang di media sosial sangat santer tuh. Jadi kita sudah harus peduli dengan diri sendiri baru dengan orang sekitar kita,” katanya.

Sebab tambah Hariani jika hanya BPOM yang lakukan pengawasan prematur atau pengawasan di pabrik untuk izin edar, sementara balai lakukan pengawasan lapangan yaitu pengawasan produk yang beredar di pasaran.
Hariani kembali mengingatkan agar genmil membeli kosmetika yang legal yakni kosmetika yang telah terdaftar pada BPOM. (On)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60