Hak Politik Ratusan Warga Pendatang di Bursel Tidak Tersalur

NAMROLE,MG.com – Ratusan warga Kota Namrole Kabupaten Buru Selatan Provinsi Maluku yang memiliki e-KTP tidak dapat menyalurkan hak, walaupun hanya untuk memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Akibatnya, ratusan warga Kota Namrole gelar aksi protes terhadap petugas Bawaslu maupun KPU. Namun tetap tidaj diakomodir.

Ketua KPU Buru Selatan, Syarif Mahulauw kepada wartawan mengatakan, kepada masyarakat khususnya yang memiliki KTP dari provinsi lain harus memiliki C5 atau surat keterangan dari daera setempat barulah bisa ikut mencoblos.

“Bagi pemilih dari desa lain tidak bisa memilih di desa lain. Kalau dari provinsi lain harus ada C5, surat keterangan dari daerah/provinsi setempat,” ujar Mahulauw.

Pantauan media ini, pemilih yg paling banyak yang menggunakan KTP nanun tidak bisa mencoblos di TPS 7 Desa Labuang Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan Provinsi Maluku.

Sementara di desa-desa lain juga terdapat pemilih dengan menggunakan KTP tetapi tidak bisa menggunakan hak pilih mereka. (MG).

Tinggalkan Balasan