Safety Riding Disambut Antusias Siswa SMK Al Wathan

AMBON, MG.com – Guna menekan tingkat kecelakaan di kalangan millenial maka Ditlantas Polda Maluku menggelar Safety Riding and Driving bagi 50 siswa SMK Al Wathan Ambon di halaman Taman Budaya Karang Panjang Ambon, Selasa (13/02/2019).

Safety Riding and Driving merupakan bagian dari sosialisasi Millenial Road Safety Festifal (MRSF) yang merupakan program Korlantas Polri dalam upaya mengurangi angka kecelakaan lalulintas usia produktif atau kaum millenial.

Sosialisasi ini terus digalakan Korlantas Polri melalui Ditlantas Polda Maluku sebab hasil penelitian membuktikan 57 persen korban kecelakaan lalulintas adalah kaum millenial atau usia 15 – 35 tahun.

Praktek Safety Riding and Driving di kalangan generasi millenial tujuannya untuk menyadarkan kaum millenial pentingnya berkendara yang baik di jalan raya.

Tahun ini, program MRSF mengusung tema, “Mewujudkan Millenial Cinta Lalulintas Menuju Indonesia Gemilang” terus digencarkan Ditalntas Polda Maluku guna mencapai 8.000 relawan lalulintas di Maluku dan 2 juta relawan lalulintas di Indonesia.

Pantauan media ini, sebelum oraktek berkendara diperagakan, para siswa SMK Al Wathan diberi penjelasan tentang cara lakukan pengecrkan kenderaan, cara duduk saat berkendara yang benar serta cara penggunaan helm yang tepat.
Setelah itu, siswa diajari cara mengemudi yang baik dan benar.

Kepada wartawan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Al Wathan, Emiyati Safar mengatakan, program Safety Riding and Driving yang dilaksanakan Ditlantas Polda Maluku sangat baik sebab menambah wawasan para siswa dalam berkendara yang baik.

“Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut agar bisa mengurangi tingkat kecelakaan lalulintas di Indonesia khususnya di Kota Ambon,” harapnya.

Para siswapun menyambut sosialisasi ini dengan antusias dan berharap setelah mengetahui tata cara keselamatan berlalulintas maka siswa bisa menjadi agent keselamatan berlalulintas.

“Saya berharap setelah kegiatan ini ada suswa yang direkrut menjadu agen keselamatan berlalulintas, tentunya suswa yang direkrut memenuhi persyaratan yang ditetapkan Korlantas Polri,” kata Zainab Toisutta.

Sekedar untuk diketahui, MRSF akan diselenggarakan di seluruh Indonesia mulai 1 Februari hingga 31 Maret 2019.
Khusus untuk Maluku, puncak perayaan MRSF akan digelar pada 31 Maret 2019 di Lapangan Merdeka.

Pada kegiatan puncak MRSF akan digelar beberapa pertunjukan antara lain, Senam Kolosal/Jalan Sehat Millenial, Millenial Interpreneur Expo atau Deklarasi Pelopor Keselamatan Berlalulintas serta Frestyle Sepeda Motor Millenial.

Para siswa SMK Al Wathan juga diinformasikan tentang pengisi penyelenggaraan puncak MRSF yakni DJ. Jasmin, Mitha Talahatu, Vicky Salamor, Wawan Tembong dan lainnya. (MG)

Tinggalkan Balasan