Pemkab Buru Gelar Bimtek SESKEUDES

NAMLEA, MG.com – Pemerintah Kabupaten Buru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek)
Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi ( SISKEUDES ) V.2.0 Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Bupati Buru, Kamis (24/01/2019).

Bimtek ini dihadiri pejabat eselon II dan camat se Kabupaten Buru.
Sedangkan narasumber pada kegiatan tersebut dati BPKP Provinsi Maluku.

Dalam sambutannya Bupati Buru, Raamly Umasugy menjelaskan tentang implementasi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa merupakan tata kelola pemerintahan desa yang meliputi kelengkapan aturan pelaksanaan dan kapasitas aparatur.
“UU ini mengikat undang-undang desa secara eksplisit menempatkan desa sebagai pusat dan subjek dari berbagai aktivitas pembangunan,” tegasnya.
Hal ini menurut Umasugy, membutuhkan strategi dan upaya yang konkrit dalam menyikapi permasalahan tersebut.
Selain itu tambahnya, ada beberapa poin penting yang tersirat dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2018 sebagai perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa antara lain, penatausahaan keuangan dilakukan oleh Kaur Keuangan sebagai fungsi kebendaharaan.
Adanya penambahan bidang kegiatan dari 4 bidang menjadi 5 bidang yakni bidang penanggulangan bencana keadaan darurat dan mendesak dan Kaur dan Kasie sebagai pelaksana anggaran.

Tujuan diselenggarakannya Bimtek ini, sebagai forum pembelajaran bagi aparatur Pemerintah Kabupaten, Kecamatan khusus Pemerintah desa untuk meningkatkan kapasitas masing-masing di bidang pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi.

Adapun target yang harus dicapai setelah kegiatan ini, terwujudnya pemahaman yang sama pada aparatur pemerintah kabupaten, kecamatan serta pemerintah desa serta meningkatkan kapasitas dalam penggunaan dan penerapan aplikasi SISKEUDES sehingga mampu mendorong implementasi setta mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan akuntabel dan partisipatif. (an)

Tinggalkan Balasan