Kodim 1506 Namlea Gelar Apel Danramil-Babinsa

  • Whatsapp
banner 468x60

NAMLEA, MG.com – Kodim 1506 Namlea menggelar Apel Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 1506/Namlea dengan tema
“Profesionalisme Danramil dan Babinsa Untuk Rakyat.”
Apel bersama ini digelar di Makodim 1506 Namlea, Jln. Nametek Kecamatan Namlea Kabupaten Buru, Selasa (18/12/2018).
Kegiatan tersebut dihadiri, Dandim 1506/ Nla Letkol Inf Sayarifudin Asis, Sekda Buru
Drs Ahmad Assegaf, Kapolres Buru, AKBP. Riky P Kertapati, Asisten I Kabuoaten Buru
Ir Masri Bugis, Kepala Kesbangpol Buru
Ba’asyir Toisuta S.Sos, Pabung Buru Selatan, Mayor Inf Rusdi, Danrmil Jajaran Kodim 1506/ Nla, Perwira Staf Kodim 1506/ Nla, anggota Kodim 1506/Nla.
Pada apel akbar tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 1505/Nla,
-Letkol Inf Zarifudin Asis, Perwira Upacara
Pasiter Kodim 1506/Nla, Kapten Inf Abdul Hamid Seknun dan Komandan Upacara
Letda Alimin.
Dalam arahannya, Dandim 1506 Namlea, Syarifudin Azis mengakui jika kegiatan seperti ini sebenarnya sudah dilakukan tahun sebelumnya tapi belum maksimal. “Semoga Apel Danramil dan Babinsa Kodim 1506/ Namlea tahun 2018 memberikan manfaat kepada para Babinsa dan menularkan kepada masyarakat di desa binaannya,” katanya berharap.
Menurutnya, hal ini sejalan dengan tugas dan tanggungjawab Babinsa yang diatur dalam Perkasad Nomor 19/IV/Thn 2008.
Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi maupun sikap dengan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan TNI pada umumnya dan TNI AD pada khususnya.
“Tak lupa saya mengingatkan kepada para Babinsa agar dalam pelaksanaan tugas di desa binaan masing tetap menjaga Netralitas TNI tanamkan dalam diri bahwa Netralitas TNI Harga Mati, saya juga mengucapkan terima kasih kepada para Babinsa yang telah menjaga netralitas pada saat Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubenur Maluku yang baru saja dilaksanakan dan pada Pemilu Legislatif harus tetap Netral,” ingatnya.
Dandim juga berharap agar Danramil dan Babinsa dalam menghadapi permasalahan di wilayah maupun di desa binaan cenderung mengambil sikap yang tidak bertentangan dengan tugas pokok sebagai Babinsa, bertentangan dengan nilai dan norma prajurit, merusak citra TNI khususnya Kodim 1506/Nla, tidak lagi ada anggota yang mengambil inisiatif dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kriminal.
“Harus dikoordinasikan dengan Babinkantibmas kalau terkait dengan masalah yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan maka koordinasikan dengan pihak pihak terkait seperti Pak Dusun, Kepala Desa, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. Jangan berusaha untuk menyelesaikan sendiri, sehingga dapat terselesaikan sesuai prosedur yang berlaku agar dalam pelaksanaan tugas selalu mengedepankan dan menjaga nama baik TNI khususnya jelang Pileg dan Pilpres agar Netralitas TNI tetap terjaga sesuai tema Profesionalisme Danramil dan Babinsa untuk Rakyat.
Sementara itu, Kapolres Buru, AKBP Riky P Kertapati dalam arahannya mengatakan sinergitas TNI POLRI mengutamakan kerjasama antar instansi dan kebersamaan untuk mencapai tujuan yang lebih baik.
“Karena itu saya juga merasa heran mengapa sampai sering adanya pertanyaan bahwa mengapa TNI bisa ikut dalam kegiatan yang dilakukan Kepolisian dan sebaliknya,” katanya.
Padahal, tugas pokok TNI setelah dipahami secara mendalam, tertuang dalam UU Nomor 34 tahun 2004 Pasal 7 isinya antara lain, menegakan kedaulatan Negara,
Mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI,
Melindungi Segenap Bangsa dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.
“Orang awam akan berpikir bahwa itu cendrung terhadap pertahanan, tapi tugas TNI bukan saja melaksanakan operasi militer perang tetapi juga Operasi Militer selain perang termasuk salah satunya adalah memberikan dukungan dan bantuan kepada Polri dalam pemiliharaan Harkantibmas,” jelasnya.
Hal ini tambah Kapolres, tidak diketahui banyak pihak sehingga terkadang timbul konflik internal. Untuk itu perlu disosialisasikan dan diberikan pemahaman kepada mereka yang belum memahami tentang tugas TNI POlRI,
“Saya sangat berterimakasih dan sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kita sudah banyak melakukan kegiatan bersama yang terkait dengan Harkantibmas contohnya kegiatan penyisiran tambang Gunung Botak dan Baksos Bencana alam yang baru saja kita laksanakan di Kecamatan Waeapo. Itu adalah bukti sinergitas TNI POLRI dan saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih karena kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik,” katanya.
Untuk menjaga hubungan dan sinergitas TNI POLRl yang sudah terjalin dengan baik di wilayah Kabupaten Buru maka akan dilaksanakan kegiatan olah raga maupun patroli bersama. (An)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60