Komunitas Bersih Sungai Wae Batu Gajah

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Warga di bantaran Sungai Wae Batu Gajah memiliki komunitas bersih sungai. Komunitas ini, diharapkan, saling berkomunikasi, dan memfasilitasi serta mendorong klompok masyarakat di bagian hulu atau hilir untuk menggalang dan mendeklarasikan diri serta bekerjasama dengan komunitas yang sudah ada dalam menjalankan aksi nyata yakni merestorasi sungai. Demikian kata WaliKota Ambon, Richard Louhenapessy saat memimpin Apel Aksi Gerakan Bersih Sungai Wae Batu Gajah, yang digelar di lapangan Korem 151 Binaiya, Jumat, (9/11/2018). “Peran sungai sangat vital diantaranya sebagai suplai air, menanggulangi banjir, kekeringan, kesehatan ekosistem, jalur hijau, dan pendidikan,” kata Louhenapessy. Lokasi yang disasar sepanjang sungai mulai dari kawasan Dusun Batu Bulan, Air Mata Cina, Pohon Puleh hingga Waihaong. Tujuan kegiatan ini, mewujudkan komunitas yang mampu mengelola dan mengurangi resiko bencana serta meningkatkan kualitas hidup, menciptakan jejaring atau komunikasi sebagai agen 

pengkaderisasi volunterism dalam memperkuat dan mengembangkan gerakan pengurangan resiko bencana.

 

Wali Kota Ambon, Richerd Louhenapessy dalam arahannya menyatakan, gerakan pengurangan resiko bencana adalah langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, membawa semangat kebersamaan, kesetiakawanan sosial, gotong royong yang baik, menjadi nilai budaya dalam masyarakat dengan pengelolaan resiko di setiap wilayah.

      “Gerakan pengurangan resiko bencana merupakan proses pemberdayaan komunitas yang berfokus pada kegiatan partisipastif dalam melakukan kajian, perencanaan, pengorganisasian, serta aksi dengan melibatkan berbagai pemangku kepantingan, sebagai upaya mewujudkan komunitas yang mampu mengelola lingkungan dan meminimalisasi resiko bencana serta meningkatkan kualitas hidup,” terangnya Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Pulau Ambon dan Pp.Lease, masyarakat, aparatur pemerintah, TNI/Polri, komunitas peduli sungai, komunitas peduli lingkungan, sekolah-sekolah serta dunia usaha. (On)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60