60 Pedagang Pasar Tradisional Ambon Ikut Diklat

AMBON, MG.com – Untuk meningkatkan sumber daya pedagang yang menempati pasar tradisional maka Dinas Perindustrian Perdagangan Kota Ambon bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Perdagangan menggelar Pelatihan Teknik Pengelolaan Usaha bagi 60 orang pedagang. Pelaksanaan ini akan dilakukan selama 3 hari, mulai Selasa 25 hingga 27 September 2018, bertempat di Swissbel Hotel Ambon.

“Seluruh peserta diinapkan di hotel itu,” jelas Kepala Bidng Perdagangan Dinas Indag Kota Ambon, Rina Silooy kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (24/9/2018).

Dikatakan, pedagang yang diakomodir adalah pedagang di pasar tradisional, terutama pasar yang sudah direvitalisasi.

Menurut Silooy, salah satu program pemerintah adalah memfasilitasi  ketersediaan pasar yang memiliki sarana dan prasarana dari segi kesehatan maupun menajemen memenuhi standar.

“Jika hal ini terpenuhi maka wawasan pedagang akan lebih baik dan lebih terbuka. Bukan hanya sekedar berjualan tetapi juga tentang pengelolaan usaha dimana ada pengembangan terhadap jiwa kewirausahaannya yakni mengelola keuangan, tahu tentang tertib ukur, juga etika melayani pelanggan secara baik,” jelasnya.

Hasil yang ingin dicapai dari pelaksanaan pelatihan ini adalah pedagang berhasil meraih tujuan yang diinginkan.

Pelatihan yang dilakukan ini merupakan bukti keseriusan pemerintah bukan hanya membangun infrastruktur pasar tetapi juga membangun dan memberdayakan manusianya yakni pedagang.

Untuk diketahui, kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Maluku. Dan diharapkan kegiatan ini bisa menjadi pilot project bagi kabupaten kota lainnya guna meningkatkan kualitas sumber daya pedagang. (On)

Tinggalkan Balasan