Dibandingkan Tahun 2017, Pertumbuhan Ekonomi Dari Sisi Penawaran Tahun 2018 Turun

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MenaraGlobal.com-

Pertumbuhan ekonomi dari sisi penawaran, triwulan I 2018, perekonomian Maluku meningkat 5,25 persen (yoy), setelah pada triwulan sebelumnya tercatat sebesar 5,11 persen (yoy).

Namun mengalami penurunan  jika dibandingkan dengan triwulan I 2017 yang tumbuh sebessr 6,62 persen (yoy). Demikian dikemukajan Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Bambang Pramasudi dalam paparannya saat Diskusi Publik tentang Diseminasi  Ekonomi dan Keuangan Regional Triwulan I 2018 di The Natsepa Hotel, Ambon, Kamis (28/6/2018).

Menurutnya, kontributor utama pertumbuhan ekonomi Maluku berasal dari sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, sektor administrasi pemerintahan serta sektor perdagangan.

“Untuk sisi penawaran, triwulan I tahun 2018, perekonomian Maluku meningkat 5,25 persen (yoy), setelah pada trwulan sebelumnya tercatat sebesar 5,11 persen (yoy),” jelasnya. Namun tamvahnya mengalami penurunan jika dibandingkan  triwulan  I tahun 2017, yang dapat tumbuh sebesar 6,62 persen (yoy).

Kontributor utama pertumbuhan ekonomi Maluku berasal dari sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, sektor administrasi pemerintahan dan sektor perdagangan.

“Asesmen sisi penawaran sektor utama yakni sektor pertanian dan perikanan, khusus sektor produksi perikanan tetpantau menurun lebih rendah dari triwulan sebelumnya,” katanya. Pertumbuhan produksipun mengalami tren penurunan dan NTP sektor perikanan juga mengalamj penurunan.

Sedangkan untuk sektor perdagangan besar dan eceran, pendorong utama berasal dari kegiatan ekspor perikanan langsung ke luar negeri dari bandara.

Secara qtq, volume bongkar muat di pelabuhan mengalami penurunan namun mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. (On)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60