Operasi Mantap Praja Siwalima Diapresiasi Senator Maluku

AMBON, MenaraGlobal.com-Anggota DPD RI asal Maluku, John Pieris mengapresiasi agenda Polda Maluku yang  menggelar Operasi Mantap Praja Siwalima 2018 guna mengamankan jalannya Pilkada Serentak di Maluku.

Menurutnya, hanya menghitung hari Pilkada di Maluku digelar.

“Untuk menjaga keluhuran demokrasi yang bermartabat, semua ASN, anggota TNI/Polri dan para penegak hukum, juga tokoh agama harus menjaga netralitas politik. Hanya dengan sikap seperti itu, kita dapat merawat moralitas dan budaya politik yang sejati,” katanya kepada wartawan di Ambon, Sabtu (23/6/2018).

Pieris mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut menjaga situasi keamanan di Maluku hingga tahapan kampanye Pilkada Maluku berakhir.

Pieris berharap saat masa tenang situasi keamanan harus tetap dipertahankan hingga selesai pencoblosan.

“Ini pesta demokrasi mari kita semua yang telah punya hak pilih memilih sesuai hati nurani, karena pilihan hari ini tentukan kepemimpinan Maluku lima tahun mendatang. Harus gunakan hak pilih dengan cara mendatangi TPS setempat,” himbaunya.

Sementara itu, Polda Maluku dibawa komado Irjen (Pol) Andap Budhi Revianto mengeluarkan himbauan agar memasuki tahapan masa tenang Pilkada Maluku (24 – 26 Juni 2018) ada banyak potensi kekacauan yang harus disikapi bersama, agar tidak terjadi kecurangan yang berpotensi konflik di masyarakat.

Potensi konflik misalnya, duduk bergerombol hingga tengah malam menunggu serangan fajar dari pasangan calon tertentu.

Padahal, ini salah karena termasuk praktek politik uang.

Juga ada paslon atau tim yang tetap gencar lakukan kampanye tertutup saat minggu tenang.

Dan yang paling penting adalah hindari konsumsi minuman keras (sopi), saling menjatuhkan paslon atau gunakan preman buat takutin orang lain, juga bersama-sama menjaga situasi KAMTIBMAS hingga selesai tahapan Pilkada.

Jika kedapatan ada pelanggaran pidana Pemilu maka segera lapor ke Bawaslu ataupun Panwas setempat agar ditindaklanjuti. (on)

Tinggalkan Balasan