Nilai 100 Dicapai Siswa SMP Kristen Rehoboth

AMBON, MenaraGlobal.com- Hasil kelulusan Ujian Nasional (UN) SMP diumumkan serempak di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, M. Saleh Thio didampingi Ketua Panitia UN SMP, Vence Mandagu dan Kepala Seksi Perencanaan Husein Inaulu, kepada wartawan di Kantor Dinas Dikbud Maluku menjelaskan tahun 2018 terjadi peningkatan presentase kelulusan sebesar 20 persen dibandingkan tahun 2017.

“Pada tahun 2017 presentase kelulusan  51,23 persen naik menjadi  51,64 petsen di tahun 2018,” kata Kepala Dinas Dikbud Maluku, M. Saleh Thio.

Thio menambahkan, pihaknya berlega hati karena seluruh SMP di Maluku berjalan dengan baik.

“Proses pendidikan sudah merata terlihat dari hasil yang boleh dicapai para peserta didik,” katanya.

Dijelaskan pula bahwa, apa yang telah diperoleh saat ini harus  disemangati karena ada siswa  yang berhasil peroleh nilai 100. ” Kami harapkan tahun depan semua sekolah bisa seperti saat ini dan ini melalui proses. Tingkatkan mutu pendidikan apalagi tahun depan semuanya sudah harus UNBK sesuai dengan SOP dari Kemendikbud. Hingga menyangkut hal itu kami akan berikan seruan yang sifatnya instruksi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia UN SMP Provinsi Maluku, Vence Mandagu menjelaskan rincian nilai rata-rata UN SMP adalah 51,64 dan empat mata pelajaran ujian nasional UNBK Bahasa Indosesia nilai tertinggi 98 diraih siswa SMPN 2, Bahasa Inggris 96 diraih SMP Kristen Rehoboth, Matematika mencapai nilai 100 juga diraih SMP Lentera dan IPA  nilai tertinggi 87,5  diraih dua yakni SMP Kalam Kudus dan SMP 4 Kairatu dari Kabupaten SBB.

“Kota Ambon madih mendominasi perolehan nilai tertinggi dan diikuti  kabupaten/kota lainnya. Namun ada tiga kabupaten yang belum mengikuti  UNBK yakni Maluku Barat Daya (MBD), Buru Selatan dan Seram Bagian Timur (SBT),” jelasnya.

Tahun 2018 peserta UN SMP  sebanyak 36.494 siswa drngan jumlah sekolah 733.

Sekolah penyelenggara UNBK sebanyak 88 dengan 8.276 siswa sedangkan sejokah penyrlenggara UNKP 645 dengan jumlah siswa 28.220. (on)

 

Presentase UN SMP 2018 Naik

 

 

Tinggalkan Balasan