Lulusan SUPM  Terserap

AMBON,MenaraGlobal.com -87,66 persen lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Ambon tahun ajaran 2017/2018 telah diserap perusahaan dalam maupun luar negeri serta akan membuka peluang usaha dibidang perikanan.

135 siswa dari total 154 siswa yang dinyatakan lulus siap memasuki dunia kerja dan sisanya akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Plt.Gubernur Maluku, Zeth Sahunurua yang menghadiri acara wisuda siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Ambon, Senin (14/5/2018) di aula sekolah tersebut memberikan  apresiasi kepada kepala sekolah serta dewan guru  karena telah mengajar penuh keihlasan hingga siswa lulus 100 persen.

Bahkan 87,66 persen siap bekerja di perusahaan  dalam maupun luar negeri.

“Ini berarti Maluku tidak kalah dengan Provinsi lainnya di Indonesia.  Saya minta siswa yang sudah lulus dan kini masih mengenyam pendidikan di SUPM Waiheru Ambon serta guru, harus berinovasi dan punya motivasi yang tinggi. Ingatlah, pesan saya kalian harus berprestasi, disiplin, dedikasi, loyalitas, dan jangan tercela,” katanya bangga.

Sementara itu, Kepala Sekolah SUPM Ambon, Jais Elly dalam laporannya menjelaskan,  siswa yang diwisuda terdiri dari jurusan Keahlian Nautika  Perikanan Laut, dengan jumlah 47 siswa, Program  Keahlian Teknika Perikanan Laut dengan jumlah 32 siswa. Program keahlian Teknologi Budidaya  Perikanan dengan jumlah 38 siswa,yang terdiri atas 11 siswa putra dan 27 siswa putri serta program keahlian  Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan dengan jumlah siswa 37 orang, yang terdiri dari  17 siswa putra dan 30 siswa putri.

“Sebagai bentuk komitmen sekolah membantu memberikan ruang bagi siswa, dalam hal lapangan kerja, maka selesai wisuda mereka diterima sejumlah perusahan antara lain, 29 siswa (NPL, TPL & TPHP) diterima kerja pada PT. Abadi  Mandiri Internasional Jakarta, 33 siswa (NPL, TPL, TPHP & TBP) pada PT. Samudra Wakatobi  Manise -Jawa Tengah,  10 siswa (TPHP) pada PT. Anindo Perkasa Abadi Jakarta, 7 siswa (TPHP) pada PT. Tri Tunggal Lintas Benua,  3 siswa (NPL & TPL) pada PT. Siena Marine  Service  Tanggerang, 10 siswa (TPHP & TBP) pada PT. Arafua Marine Culture Dobo.

“Satu siswa TPL diterima   PT. Perikanan Nusantara Ambon . 23 siswa menjadi wirausaha muda Progran Keahlian NPL, TPL, TPHP & TBP,” jelasnya.

Jais menjelaskan, jumlah  lulusan yang dihasilkan melalui lembaga pendidikan  sejak tahun 1986 hingga 2018 berjumlah  2.651 siswa dengan  presentasi PNS, TNI, POLRI 308 atau 12, 0 persen swasta dalam dan luar negeri 1.596 atau  60,2 persen, wirausaha 431  atau 16,26 persen dan yang melanjutkan Pendidikan  306 atau 11.54 persen.

Dari jumlah wisudawan itu, 12 siswa memperoleh nilai terbaik, dan siswa peraih nilai tertinggi adalah Weltin Elsa Mahubessy dari program keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) dengan nilai 85,50.

Atas prestasinya itu, Elsa  menerima hadiah sebesar Rp. 2.500.000 dari Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.(on).

Tinggalkan Balasan