Bahas Perkembangan Ekonomi, HIPMI Temui Presiden RI

AMBON,MenaraGlobal.COM-Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bertemu Presiden RI, Joko Widodo dan membahas tentang perekonomian Indonesia.

Pertemuan tersebut dipusatkan di Istana Presiden, Jumat (05/04/2018).

Dalam pertemuan itu, Presisen Joko Widodo didampingi sejumlah menteri diantaranya: Menteri Koordinator Ekonomi Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Dalam arahannya, Jokowi memberikan arahan yakni, Pemerintah Indonesia terus mendorong para pelaku usaha, khususnya entrepreneur muda, untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Indonesia kata orang nomor satu di Indonesia itu masih membutuhkan banyak entrepreneur untuk memajukan perekonomian nasional.

“Negara kita ini membutuhkan entrepreneur yang harusnya tiap tahun meningkat. namun sayangnya kita belum memenuhi iru,” kata Jokowi.

Fakta membuktikan, hampir pada semua negara maju telah memiliki standar entrepreneur diatas 14 persen.

“Kita sekarang ini angkanya masih 3,01 persen, karena itu harus didorong terutama anak muda,” katanya lagi. Presiden sangat mengapresiasi kepedulian yang ditunjukkan HIPMI dengan mengajak sejumlah pihak untuk terjun ke dunia usaha.

Untuk itu HIPMI menggagas program kunjungan ke sekolah, kampus, dan pesantren.

“Ada HIPMI Goes to School, HIPMI Goes to Campus, nanti ada HIPMI Goes to Pesantren. Saya kira ini nanti akan memengaruhi anak-anak muda untuk menyukai bidang kewirausahaan,” ungkap Jokowi.

Pertemuan tersebut juga dimanfaatkan HIPMI untuk menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan, terutama di daerah.

Rombongan HIPMI yang dipimpin oleh Bahlil Lahadalia selaku Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI menginginkan partisipasi yang lebih dalam pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah.

HIPMI juga menyampaikan keluhan akibat tidak dilibatkannya pengusaha local pada mega proyek di daerah.

Hal ini dalam hemat HIPMI mesti diluruskan kementerian terkait misalnya, BUMN, Kementerian PU, dan Kementerian Perhubungan agar kesenjangan ini teratasi dan pemuda dilibatkan dalam setiap derap pembangunan di daerah dan kancah nasional.

Dalam pertemuan tersebut Nampak Ketua HIPMI Maluku, Jeaqueline Margaretha Sahetapy ikut serta..(DD)

 

Tinggalkan Balasan