Keberadaan Trans Amboina Dievaluasi Kemenhub

AMBON, MenaraGlobal.COM- Pemerintah Provinsi Maluku berharap adanya dukungan Pemerintah Pusat untuk pengembangan angkutan massal Trans Amboina.

“Angkutan massal trans Amboina saat ini  memerlukan peremajaan kendaraan serta pengembangan koridor baru,” kata Plt Gubernur Maluku dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Maluku, Halim Daties  pada pembukaan Rapat Koordinasi Bidang Perhubungan Darat yang dilaksanakan di The Natsepa Hotel, Ambon, Selasa (27/3/2018).

Dengan bantuan bus dimaksud tambah Daties dapat digunakan untuk mendukung kegiatan nasional di Maluku seperti Pesta Paduan Suara Rohani Nasional Pertama di Indonesia yang digelar di Kota Ambon, Maluku pada bulan oktober 2018 nanti.

Menyikapi permintaan Pemda Maluku tersebut, Kepala Balai Perhubungan Darat Ditjen Perhubungan Darat Kementetian Perhubungan RI, Herman Armanda menjelaskan keberadaan bus trans Amboina saat inj sedang dievaluasi lantaran kurang manfaatnya.

“Sebagai orang perhubungan kami bangga dengan keberadaan angkutan perkotaan yang masih bagus itu. Namun untuk masalah ini harus digarisbawahi,” kata Armanda.

Untuk itu pihaknya bersama Dinas Perhubungan Maluku akan  menghadap Gubernur Maluku sebab bantuan untuk pelayanan tersebut tidak permanen.

“Seperti pada saat penyelenggaraan Hari Pers Nasional bantuan yang diberikan tidak permanen sebab nanti ditarik lagi,” jelasnya.

Keputusan ini diambil lantaran selain bantuan bus, Kementetrian Perhubungan juga membangun halte khusus Trans Amboina namun tidak bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Akan kita evaluasi apakah permintan itu ditindaklanjuti atau berdayakan organda daerah sebab hasil evaluasi kita masyarakat Kota Ambon masih tertarik dengan angkutan perkotaan,” katanya. (DE4)

 

Tinggalkan Balasan