Sahuburua Harap Banyak Anak Maluku Lolos Akmil – Akpol

AMBON, MenaraGlobal.COM- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua berharap di tahun mendatang, semakin banyak putra-putri Maluku yang mengikuti pendidikan di Akademi Militer (Akmil) maupun Akademi Kepolisian (Akpol).

“Kalau kita lihat, setiap tahun anak-anak lulusan SMA atau SMK ramai-ramai mengikuti seleksi Akmil, baik Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut maupun Akpol, namun anak-anak kita di Maluku sangat kurang,’’ ujar Sahuburua saat pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku M. Saleh Thio dan para kepala sekolah SMA serta SMK se-Kota Ambon, di lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Jumat (2/1).

Pertemuan yang dipimpin Plt. Gubernur Maluku ini, digelar dalam rangka menyikapi persoalan kurang atau minimnya putra-putri Maluku yang terjaring seleksi Akademi Militer maupun Akademi Kepolisian setiap tahunnya.

“Mengapa kita kurang? Ini disebakan karena ada berbagai faktor yang menyebabkan mereka tidak lulus. Pertama masalah kesehatan dan faktor yang sangat menentukan sekali yaitu psikotest. Karena ini merupakan salah satu persyaratan dasar yang mewajibkan mereka ikut seleksi dan lulus test,’’ ungkap Sahuburua.

Menyangkut kualitas pendidikan, kata Sahuburua, Provinsi Maluku tidak kalah dengan daerah lainnya. Hanya masalah kesehatan dan psikotest saja yang menjadi kendala.

Itu sebabnya, pada berbagai pertemuan secara internal dengan pimpinan TNI maupun Polri di Maluku, Sahuburua mengaku, selalu membicarakan bagaimana jalan keluar untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Nah, kita akan minta dari pihak Polda, Kodam, Danlantamal, dan Danlanud, agar perwira-perwira muda mereka yang memiliki kualitas, untuk mendidik anak-anak kita dengan memberikan kuliah khusus. Terlebih untuk psikotest dan masalah kesehatan dan faktor-faktor lain, yang mempunyai kaitan dengan seleksi penerimaan pada Akademi yang ada,’’ harap Sahuburua.

Langkah-langkah yang dilakukan setelah pertemuan bersama Kepala Dinas Provinsi Maluku, Saleh Thio dan Kepala Sekolah SMA-SMK se-Kota Ambon, disebut Sahuburua, yaitu mengambil putra-putri terbaik yang berkualitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Akademi Angkat Darat, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara maupun Akademi Kepolisian.

“’Memang kelihatannya kita sudah terlambat, karena sudah dekat dengan waktu ujian. Tapi marilah kita lakukan pada kondisi yang sekarang ini, biar pun sedikit,” imbuhnya.

Sahuburua minta, untuk tahun ini dipersiapkan 100 orang lulusan dari SMA dan SMK, yang nantinya dibagi dalam tiga (3) kelas, dengan pertimbangan kira-kira satu (1) kelas menampung 30 hingga 35 orang.

“Nanti setelah sekolah mereka berakhir, maka mereka akan mengikuti pendidikan khususnya psikotest. Nah di situlah kita akan melihat kemampuan mereka,’’ tuturnya.

Harapannya, menurut Sahuburua, di tahun ini putra-putri asal Maluku bisa bersaing untuk mengikuti tes Akademi Militer serta Akademi Kepolisian.

“Harapan saya, tahun ini bisa diterima 10 sampai dengan 20 orang, akan sangat baik sekali. Sehingga ke depan anak-anak kita dari Maluku dapat juga mendapat jenderal di Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian. Itu kebanggaan kita,’’ ujarnya.

Dengan apa yang dilakukan saat ini, Sahuburua berharap akan terus berlanjut. “Mudah-mudahan kesiapan ini dapat kita lakukan dengan baik, dan program pertama ini dapat dilanjutkan di tahun yang akan datang. Jadi ini peletakan dasar untuk tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.(D2)

Tinggalkan Balasan