Kembangkan Homestay, Dispar Maluku Gelar Pelatihan

AMBON, MenaraGlobal.COM-Dinas Pariwisata Provinsi Maluku berupaya kembangkan homestay. Hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan pelatihan kepada masyarakat yang menyediakan rumah untuk dijadikan penginapan (homestay). Kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (20/2/2018) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Habiba Saimima menjelaskan, pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka promosi pariwisata Maluku yang dilakukan secara digital.

Menurutnya, untuk tahun ini pelatihan tersebut dilaksanakan di tiga kabupaten kota masing masing Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan jumlah peserta 50 orang.

“Kami berharap peserta bertanggungjawab hingga usaha mereka berkembang setelah dipublikasikan keluar Maluku bahkan sampai ke luàr negeri,” terang Saimima.

Sementara itu Diandro Arinita staf Kementrian Pariwisata menjelaskan bahwa pemerintah pusat sangat memperhatikan usaha dibidang home stay. “Kami sudah turun ke puluhan pripinsi dan kali ini ke Maluku atas permintaan kadis, dimana digilitasi jadi fokus pembicaraan kami kepada para pemilik home stay dengan tujuan mereka dapat berkembang,” terangnya.

Selanjutnya Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Iwan Asikin menjelaskan sàat ini era digital hingga semua pihak harus jemput bola dan yang jadi perhatian ada pada homestay.

“Untuk penginapan kelas atas dan menengah sudah baik fokus kami saat ini pada promosi selain itu kita harus berdayakan masyarakat kecil dan mereka harus mau diberdayakan, kalau nantinya usaha homestay di Maluku sudah membaik maka akan terus ditingkatkan dalam bentuk kluster dimana gabungkan home stay akan dikekola satu orang,” terangnya panjang lebar. (D2).

 

Tinggalkan Balasan