Deklarasi Pasangan BAILEO, Ribuan Warga Padati Lapangan Merdeka

AMBON, MenaraGlobal.com-Ribuan orang warga Pulau Ambon dan sekitarnya memadati lapangan Merdeka Kota Ambon Provinsi Maluku. Sabtu (27/01/2017) guna mengikuti deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Barnabas Orno (BAILEO).

Dalam orasi politiknya, calon Gubernur Maluku, Murad Ismail berjanji akan terang-terangan membongkar sesuatu yang tidak diketahui masyarakat.

Untuk itu, Murad mengajak seluruh masyarakat bergerak bersama, maju untuk mewujudkan pemerintah baru yang memperhatikan kepentingan rakyatnya. “Melawan pemerintah yang hanya memperkaya dirinya, keluarga dan krooni-kroninya, saya berjanji akan terang-terangan dan tidak tertutup untuk membongkar semuanya,” tandas mantan Kapolda Maluku ini.

Dikatakan, esensi deklarasi yang digelar saat ini adalah titik awal perjuangan bersama untuk memajukan Maluku. “Maluku yang terang, Maluku yang tersambung karena infrastruktur yang akan kita bangun, Maluku yang sehat karena akan dilakukan peningkatan kualitas Rumah Sakit dan Maluku yang sejahtera karena penciptaan lapangan kerja,” kata jenderal polisi bintang dua ini.

Sementara itu, calon Wakil gubernur Maluku, Barnabas Orno saat berorasi politik mengatakan, seluruh wilayah Maluku memiliki filosofi yang sama yakni satu meja makan, Patita. “Apakah kita sepakat bahwa ‘pela Gandong’ adalah rumah bersama dan kita telah bersepakat apa yang akan dilakukan untuk masyarakat Maluku,” kata Bupati Maluku Barat Daya (MBD) ini.

Menurut Orno, seluruh rakyat Maluku adalah satu, anak-anak adat. “Dari ujung Pulau Seram, hingga Tenggara jauh seluruhnya dipersatukan dengan rumah adat yakni Baileo. Sagu salempeng dipatah dua dalam rumah besar yakni ‘Pela dan Gandong,” katanya lagi.

Sedangkan Ketua DPD PDI Perjuangan, Edwin Adrian Huwae menegaskan bahwa pimpinan yang beik adalah pimpinan yang tidak lupa asalnya. “Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tahu dari mana asalnya, pemimpin yang tahu bahwa dia berasal dari rakyat. Dan tadi kita ke Leihitu Kabupaten Maluku Tengah daerah asal saudara kita, Murad Ismail. Dan di sana kita didoakan dan diberi restu untuk maju dalam kontestasi Pilkada Maluku,” kata Huwae membakar semangat warga.

Pemimpin berasal dari rakyat karena itu, tugasnya mengabdi kepada rakyat. “Mau atau tidak pemimpin yang merakyat dan hari ini kita hadirkan pak Murad dan Barnabas untuk membangun komitmen dengan seluruh rakyat di Maluku untuk membangun negeri ini menjadikan negeri ini lebih baik dari saat ini,” teriaknya yang disambut dengan tepukan tangan warga yang hadir.

Deklarasi yang dihadiri seluruh ketua, fungsionaris dari partai pengusung tersebut memboyong artis Nasional seperti, Regina, Wulan Jameela, Camelia Malik, Silvana Herman, Fildan, serta artis local, Mitha Talahatu.

Deklarasi tersebut semakin semarak setelah Fildan juara Academy Indosiar mengajak seluruh warga asal Sulawesi Tenggara untuk mendukung pasangan Baileo di Pilkada Maluku. “Warga asal Sultra, saya himbau agar mendukung pak Murad Ismaiol dan Barnabas Orno di Pilkada Maluku, janji ?” teriaknya yang dibalas dengan tepukan tangan ribuan warga. (DW)

 

Tinggalkan Balasan