Penanganan Covid-19 Semakin Baik, Walikota Apresiasi Kinerja Satgas

  • Whatsapp
banner 468x60

Ambon,MG.com- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, memberikan apresiasi kepada Satgas Covid-19 Kota Ambon khususnya yang bertugas di lapangan, TNI Polri dan institusi – institusi terkait dengan penanganan pandemi Covid 19 di Kota Ambon.Menurutnya, dengan kerja keras yang dilaksanakan, Kota Ambon sudah bisa berada di situasi yang semakin baik, yakni berada di PPKM Mikro Level 2, dan berada pada zona kuning (resiko rendah) pada peta resiko penyebaran Covid-19 di Maluku.

 

Hal ini dikatakan Walikota Ambon saat memimpin apel pagi di Balai Kota Ambon, Senin (27/09/2021).

“Berada di kondisi seperti saat ini, harus dengan pengorbanan yang tidak sedikit. Waktu, perasaan, materi, uang, yang harus kita korbankan demi kepentingan pengendalian covid ini,” ungkapnya.

Dengan kondisi saat ini, Walikota katakan aktivitas sosial semakin hidup di kota Ambon. Tapi tidak berarti kita lengah. Tetap harus waspada, karena pergeseran daripada virus ini mengalami mutasi yang luar biasa.

“Secara global ini bukan lagi varian delta tapi R1, yang awalnya ditemukan di Jepang dan sekarang sudah 47 negara bagian di Amerika mengalami mutasi varian itu. Ini akan jauh lebih sederhana lagi tapi dampaknya akan jauh lebih terasa,” bebernya.

Dijelaskan, varian delta kita mencapai puncaknya di Kota Ambon pada bulan Juli menjelang Agustus. Dimana Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, harus membuka empat Rumah Sakit (RS) Lapangan untuk mengakomodir anggota masyarakat yang terkonfirmasi. Namun perlu disyukyuri hingga saat ini RS lapangan tersebut telah ditutup

“Sampai hari ini tidak ada lagi RS lapangan yang kita buka, sekarang kita sudah tutup dan kita kerjasama dengan Pemerintah Provinsi untuk pasien ditampung di Asrama Haji,” tandasnya.

Walikota mengingatkan untuk penerapan protokol kesehatan tetap harus menjadi komitmen,selain itu vaksinasi tetap dilakukan. Dirinya optimis bahwa pekan ini, vaksinasi di kota Ambon akan menjangkau 70 persen warga Kota Ambon.

“Tanggal 26 kemarin, vaksinasi di Kota Ambon telah berhasil mencapai 69,1persen. Hari ini saya optimis kita akan capai angka 70 persen. Target kita 274 ribu orang,”terangnya.

Dengan capaian 70 persen, kota Ambon sudah mencapai herd immunity. Namun Walikota mau capaian hingga 100%. Untuk itu, perlunya langkah-langkah yang dilakukan untuk terus memaksimalkan seluruh potensi yang ada untuk menggalakkan masyarakat.

“Animo masyarakat luar biasa. Ini yang harus kita jemput, supaya bisa mengedukasi kepada yang lain, sehingga semuanya bisa divaksinasi,”tandasnya.

Pada kesempatan apel pagi tersebut, Walikota juga memberikan piagam penghargaan kepada PT. Pertamina (Persero) DPPU Pattimura atas Kontribusi dan Keterlibatan pengurangan dampak lingkungan serta memberdayakan masayarakat lewat CSR Melalui Bank Sampah Lestari Maluku “Air Manis”, PAUD Sadar Lingkungan dan Desa Tangguh Bencana.

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Wayame Atas kontribusi dan keterlibatan dalam upaya Peningkatan Ekonomi dan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat melalui Program Community Development, yaitu Program Pendampingan Kelompok Tani “Aneka Usaha”, Program Kampung Tangguh Bencana dan Program Pendampingan Bank Sampah Mawar Lima ( Fal )

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60