JSN Pastikan Pasangan Fachri Husni Alkatiri – Arobi Kelian Menang di Pilkada SBT

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Jaringan Survei Nasional (JSN) pastikan pasangan Fachri Alkatiri – Arobi Kelian menang di Pilkada Kabupaten Seram Bagian Timur, 9 Desember 2020 mendatang.

Kepastian tersebut dikemukakan Direktur JSN, Riyanda Barmawi kepada wartawan di Ambon, Rabu (03/12/2020).
“JSN bukan lembaga survei baru, saat Pilkada Maluku, JSN telah memprediksi kemenangan pasangan Murad Ismai-Barnabas Orno,” kata Riyanda.

Kemenangan pasangan Fachri-Aroby kata Riyanda bisa diprediksi lantaran tingkat kesukaan terhadap pasangan ini lebih tinggi dari Mukti Keliobas dan pasangannya.
“Walaupun demikian tingkar kepopuleran MK lebih tinggi dibandingkan Fachri Alkatiri,” terang Riyanda.

Riyanda juga memaparkan temuan survei antara lain, di pemilih di Kabupaten SBT mengetahui ada Pilkada SBT, masyarakat juga mengaku telah terdaftar.
“Selain itu, temuan kami, pasangan Fachri Husni Alkatiri dan Arobi Kelian unggul dalam survei terbaru JSN di Kabupaten SBT. Sebagai petahana Abdul Mukti Keliobas di urutan kedua. Petahana memiliki elektabilitas dibawah 40 persen, dengan demikian maka sangat terbuka potensi petahana Abdul Mukti Keliobas kalah,” katanya pasti.

Sedabgkan pasangan lainnya Rohani Vanath dan Ramly Mahu berada di urutan ketiga dengan dukungan berjarak diatas 10% dengan Abdul Mukti Keliobas dan Fachri Husni Alkatiri.

Sementara tingkat kepuasaan terhadap bupati rendah dibawah 50 persen dan tingkat menginginkan kembali pemerintahan MK dibawah 50 persen.

Bukan hanya itu, masyarakat juga merasa sangat puas dengan kinerja Fachri Alkatiri sebagai Wakil Bupati SBT sebesar 53,4 persen, sedangkan yang tidak puas hanya sebesar 35,1 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 11,5 persen.

Sedangkan tingkat kepuasan terhadap kinerja Bupati SBT yakni Mukti Keliobas sebesar 46,9 persen, tidaknpuad 45,4 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 7,7 persen.

Di Dapil I atau di daerah Bula, Bula Barat, Siwalalat, Teluk Waru, Werinama pasangan Fachri – Arobi dipastikan unggul 37, 9 persen sedangkan Mukti Keliobas hanya 23,9 persen dan Rohani Vanath 28,5 persen.

Di dapil II atau di Kian Darat, Kilmury, Seram Timur, Siritaun Wida Timur, Tutuk Tolu, Fachri Alkatiri dan Arobi Kelian dipastikan unggul 36,9 persen, sementara MK hanya unggul di dapil III atau Gorom Timur, Pulau Gorom, Pulau Panjang, Teor, Wakate sebesar 47,3 persen.

JSN juga lakukan survei terkait antusiasme terpilih paslon dan hasilnya Fachri Alkatiri meraih 54,1 persen.

Metode survei yang digunakan JSN adalah metodologi survei.

“Semua penduduk warga negara Indonesia di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang sudah menikah atau berusia diatas 17 tahun. Punya hak memilih saat survei dikerjakan,” katanya.

Survei juga menggunakan metode stratified random sampling dan cluster
random sampling (multistage random sampling) dengan 600 responden.

Margin error survei JSN srkitar 4,1 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen,
Sample 600 terbagi secara proporsional ke semua kecamatan di Kabuoaten SBT.

Responden terpilih kata Riyanda, diwawancara secara langsung menggunakan responden.
“Untuk menjaga kualitas data, JSN melakukan quality control dengan cara mendatangi kembali 20 persen dari responden yang diwawancarai, dan waktu pengumpulan data tanggal 15-25 November 2020,” katanya. (D2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60