Kapolda dan Pangdam Bakal Pantau GB dari Udara

NAMLEA, MG.com – Kapolda Maluku dan Pangdam XVI Pattimura dijadwalkan hari ini, Kamis (18/10/2018) akan memantau kondisi puncak Gunung Botak dari udara menggunakan helikopter.

Pantauan ini dilakukan untuk memastikan GB telah bersih dari penambang ilegal.

Jadwal kunjungan orang nomor satu dikalangan kepolisian dan TNI di Maluku ini disampaikan Kapolres Buru saat memimpin apel pengecekan  sekaligus pemberangkatan pasukan   dalam rangka penyisiran penambang ilegal di Gunung Botak Desa Dava Kecamatan Waileta Kabupaten Buru.

Apel tersebut dilaksanakan di Mako Polres Buru sebelum lakukan penyisiran terakhir, Selasa (16/10/2018).

Dalam arahannya Kapolres Buru, AKBP Adhiyanto Satrio menjelaskan penyisiran yang dilakukan saat ini adalah penyisiran terakhir.

“Sasaran penyisiran adalah tenda-tenda biru yang masih berdiri harus di hilangkan,” tegasnya.

Kapolres berharap, semua personel yang terlibat tetap semangat lakukan penyisiran.

“Sebenarnya hari ini, Selasa (16/10/2018) Panglima XVI Pattimura dan Kapolda Maluku akan meninjau lokasi PETI GB melalui udara menggunakan helikopter tetapi berhubung heli mengalami kendala sehingga ditunda dan tidak menutup kemungkinan hari Rabu atau Kamis baru terlaksana,” kata Kapolres.

Sementara itu, Dandim 1506/Namlea, Letkol Inf Syarifudin Asia dalam arahan singkatnya meminta agar personel yang ikut penyisiran menjaga kondisi kesehatan karena lokasi yang didatangi cukup jauh.

“Bagi rekan- rekan yang saat ini kurang sehat segera melaporkan diri karena hari ini harus bekerja secara maksimal,” tegasnya.

Dandim juga meminta Kabag Ops mengatur pembagian personel secara baik agar kegiatan penyisiran yang dilakukan berjalan maksimal.

Personel yang diturunkan saat itu, antara lain, POM sub Namlea, Kodim 1506/Namlea,1 Sst Brimob Namlea, 1 Sst Sabhara, 1.Sst Polair, 1 Sst Polantas, 1 Sst Reskrim Polres dan 1 kompi SatPol Pp.

Tepat pukul 06.50 wit pasukan bergerak dari Polres Namlea menuju ke Desa Dava Kecamatan Waileta  melalui jalur darat. Pukul 09.30 wit  rombongan pasukan tiba di Desa Dava Kecamatan Waileta dilanjutkan dengan apel pembagian sektor penyisiran oleh Pasiops Kodim dan Kabag Ops Polres. Setelah itu langsung dilakukan penyisiran dengan sasaran pembersihan tenda yang masih berdiri.

Tepat pukul 15. 20 wit kegiatan penyisiran selesai dilanjutkan dengan apel pengecekan oleh Kapolres Buru. Setelah itu, rombongan pasukan meninggalkan lokasi kembali ke Namlea. (MG)

Tinggalkan Balasan