Pelaku Usaha Perikanan Wajib Kantongi Kusuka

  • Whatsapp
ilustrasi Kusuka
banner 468x60

AMBON,MG.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berharap seluruh pelaku usaha perikanan harus mengantongi Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka).

Kartu dimaksud tertuang dalam Peraturan Menteri KKP Nomor 39 tahun 2017 tentang Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan sebagai Landasan hukum.

“Kartu ini bukan cuman untuk Nelayan tangkap tapi juga nelayan budidaya, dan kelompok pemasaran hasil perikanan bahkan pengolahan hasil perikanan, ” kata Kepala Dinas Perikanan Ambon, Febby Maiil, Kamis (3/6/2021).

 

Mail menjelaskan, Kusuka berfungsi untuk perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan, percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan.

Bukan saja itu, juga untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi program Kementerian Kelautan dan Perikanan agar tepat sasaran dan pendataan kepada pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Dijelaskan, saat ini pihaknya sementara melakukan pendataan pelaku usaha Perikanan di Kota Ambon.

 

“Kami sementara lakukan pendataan. Baik secara online maupun offline, ” terangnya.

Lebih lanjut, Mail mengaku, tujuan pendataan ini agar pelaku usaha Perikanan bisa terinventarisir. “Ini penting untuk mengetahui kondisi usaha mereka. Pendataan terus dilakukan, ” sebutnya.

Soal jumlah pelaku usaha Perikanan yang telah terdata pada Dinas Perikanan Kota Ambon, Mail mengaku ada ribuan orang. “Bukan ratusan lagi, tapi sudah ribuan, ” paparnya.

Mail berharap, seluruh pelaku usaha perikanan di Kota Ambon bisa mendaftarkan diri di Dinas perikanan Kota ambon untuk didata dan memiliki Kusuka.

Sebab, jika ada nelayan yang tidak mendaftar maka tidak akan memperoleh bantuan,” katanya lagi. (D2)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60