Walikota Ambon Ingatkan Satpol PP Jangan Arogan

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Kepercayaan dan nama baik sebagai anggota Satpol PP ini harus ditunjukan, jangan bersikap arogan sehingga menimbulkan polemik.

Demikian dikemukakan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya di Upacara HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 71 yang diselenggarakan di halaman belakang Balai Kota Ambon, Rabu (03/03/2021).
Upacara peringatan HUT Satpol PP tersebut dilakukan bersama HUT Satuan Lindung Masyarakat (Satlinmas) kle 59 tahun.
Walikota juga menyampaikan, implikasi dari peran Satpol PP yang begitu aktif dalam ipelaksanaan operasi yustisi, dibantu aparat TNI/POLRI, membuat Kota Ambon saat ini bertahan di zona oranye atau resiko sedang penyebaran Covid 19.
“Saya bangga, kita bisa mengendalikan penyebaran Covid 19 ini, dan Satpol PP memberikan kontribusi luar biasa dalam operasi yustisi setiap hari, untuk mendisiplinkan masyarakat agar taat protokol kesehatan,” katanya memuji.
Pelaksanaan HUT Satpol PP ke 71, menurut Walikota peran dan tanggungjawab Satpol PP diakui oleh Negara untuk memback-up penyelenggaraan pemerintahan, lewat tugas penegakan peraturan daerah (Perda), menyelenggarakan ketertiban umum, serta perlindungan bagi masyarakat.
“Dilihat dari usianya, Satpol PP hampir sama tuanya dengan NKRI, artinya negara menyadari sungguh bahwa peran dan tanggungjwab Satpol PP dalam memback-up penyelenggaraan pemerintahan, sangat penting. Posisi Satpol PP hanya berada satu level dibawah Polri, sehingga soal disiplin, ketaatan, profesionalitas, tidak ada bedanya dengan Polri. Kewenangan inilah yang harus disadari oleh anggota Satpol PP Kota Ambon dan menjadi teladan bagi masyarakat,” ungkapnya
Tema sentral yang diusung di HUT Satpol PP ke 71 dan Satlimas ke-59, yakni, ‘Kesiapsiagaan Satol PP dan Satlinmas, dalam mendukung pencegahan dan pengendalian pandemi Covid 19 menuju Indonesia Maju’,
Hadir pada HUT Satpol PP dan Satlinmas Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau – pulau Lease, Kombes Pol. Leo Simatupang, para pejabat di lingkup Pemerintah kota Ambon, serta Satgas penanganan Covid 19. (Fal)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60