Diduga Kuat, Pembagian Dana Transferan BNPB Tidak Adil

  • Whatsapp
banner 468x60

Rp 500 juta Untuk BPBD Maluku

AMBON, MG.com – Diduga kuat dana bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) senilai Rp 1 miliar yang ditransfer ke rekening BPBD Provinsi Maluku pembagiannya tjdak merata.
Padahal, dana tersebut diserahkan Kepala BNPB RI, Letjen. Donny Munardo untuk membantu korban akibat gempa tektonik, 26 September 2019 sebesar 6,5 SR di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat.

Sayangnya, pembagian tersebut dianggap tidak adil lantaran BPBD Provinsi Maluku menerima alokasi anggaran yang cukup besar yakni Rp 500 juta sementara sisanya dibagi untuk Kota Ambon, SBB dan Maluku Tengah.
“Kami pertanyakan, untuk apa BPBD Maluku mengambil porsi lebih besar, kan yang jadi korban adalah warga Kota Ambon, Malteng dan SBB,” kata sumber di Kantor DPRD Maluku, kemarin.

Sumber ini meminta agar, BPBD Maluku bertindak bijak untuk menyerahkan bantuan tersebut kepada kota dan kabupaten terdampak. “Kalaupun harus disisihkan ke BPBD Provinsi Maluku sebaiknya dengan porsi yang lebih kecil,” tandasnya.

Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Ir. Kasrul Selang, MT ketika dikonfirmasi menegaskan jika dana bantuan tersebut dibagi kepada BPBD Provinsi Maluku, Kota Ambon, SBB dan Malteng.
“Bantuan tersebut dibagi empat, masing-masing Rp 250 juta, tidak benar kalau BPBD Provinsi Maluku kebagian Rp 500 juta,” katanya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Maluku mendapatkan bantuan dana senilai Rp 1 miliar dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu para korban yang gempa bumi yang terjadi pada Kamis (26/09).

Bantuan itu diserahkan Kepala BNPB, Doni Munardo kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Jumat (27/9).

“BNPB menyalurkan dana Rp1 miliar untuk penanganan bencana gempa, mudah-mudahan hari ini sudah ditransfer ke rekening BPBD Provinsi Maluku,” katanya saat itu.

Selain itu, BNPB juga mengirimkan satu unit rumah sakit lapangan lengkap dengan perlengkapan berupa tempat tidur, matras dan lainnya, tetapi tidak termasuk perlengkapan medis.

Satu unit rumah sakit lapangan terdiri dari tujuh tenda, selain itu juga bantuan 30 unit tenda lapangan yang dapat menampung 30 personil.
Pihaknya juga akan mengirimkan tim untuk melakukan penilaian kerusakan bangunan dan fasilitas umum.(on)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60