SMP Hangtuah Ambon Wakili Maluku di LCC Nasional di Jakarta

AMBON, MG.com – SMP Hangtuah Ambon berhasil menumbangkan sejumlah SMP favorit di Kota Ambon pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang digelar Museum Siwalima Ambon, Rabu (11/09/2019).
Dengan keberhasilan tersebut, SMP Hangtuah dipastikan mewakili Provinsi Maluku pada LCC Nasional yang diselenggarakan Museum Nasional pada bulan Oktober 2019 di Jakarta.
Di posisi kedua, SMP Negeri 10 Ambon, disusul SMP Negeri 6 Ambon.
Sedangkan Juara Harapan I diraih MTs Alfatah, juara harapan II, SMP Negeri 19 dan Juara Harapan III SMP Al Hilaal Ambon.
Penyelenggara menyediakan piala, piagam serta uang pembinaan senilai Rp 12.000.000 untuk enam pemenang.LCC diikuti 24 sekolah di Kota Ambon dan sekitarnya dan lomba ini untuk keempat kalinya digelar.
Kepala Museum Siwalima Ambon, Dra. Jean Saiya kepada wartawan menjelaskan, Cerdas cermat tingkat SMP/MTs di Kota Ambon tahun 2019 dalam rangka mencari juara untuk mewakili Provinsi Maluku ke ajang Nasional yang diselenggarakan Museum Nasional bulan Oktober di Jakarta.
Selain itu, peserta didik juga bisa memahami tentang pengetahuan kebudayaan Indonesia secara keseluruhan termasuk Provinsi Maluku serta memiliki pengetahuan tentang museum serta tokoh-tokoh prasejarah.“Sebenarnya mau dibilang bahwa anak-anak diberi tanggung jawab untuk memahami dan khususnya meneladani sifat atau sikap patriotisme dari para pahlawan yang berjuang untuk memperebutkan kemerdekaan. Selain itu, mereka memiliki tugas mengisi kemerdekaan dengan belajar cerdas sehingga unggul,” kata Saiya.

Tapi kecerdasan dan keunggulan tambahnya jika tidak diikuti dengan karakter yang baik maka semuanya akan sia-sia.  “Sebab itu anak-anak juga melalui  kegiatan ini belajar untuk mempersiapkan diri mencapai Indonesia emas 2045,” katanya berharap.

Untuk diketahui, LCC ini dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dra. Mimi Handjani dan dihadiri tim monitoring dari Museum Nasional.
Kegiatan ini juga disertai dengan pemberian buku yang berjudul Inscribing Identity dari Museum Nasional kepada Museum Siwalima Ambon yang diterima Sekretaris Dinas PK Maluku. (On)

 

Tinggalkan Balasan