Keluarga Janes Michael ‘Diborong’ Pemda Maluku

  • Whatsapp
banner 468x60

Wagub Maluku Kunjungi Keluarga Miskin

AMBON, MG.com – Kehidupan keluarga Janes Michael (37 tahun), seorang perajin batako di Ambon, bersama istri, Jacklyn Yacob (30), yang bertahan hidup bersama empat anaknya di bawah gubuk berukuran 3×2,5 meter, menarik perhatian Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno.

Tidak tanggung-tanggung Orno memboyong Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sekdis Pendidikan, Kepala Bagian Perencanaan dan Pembiayaan Dinas PUPR Maluku, dan Keoala Biro Humas dan Protokol Provinsi Maluku, Senin (15/07/2019), mengunjungi keluarga tersebut di Dusun Air Besar Desa Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon -Maluku.
Tak lupa, Orno memberi bantuan Rp 5 juta yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga ini.
“Ini sedikit bantuan dari saya pribadi, semoga bermanfaat,” katanya saat menyerahkan uang tersebut kepada isteri Michael.

Perjalanan menuju rumah keluarga Janes Micharl lumayan jauh, dengan melewati jalan becek.
Walaupun demikian, tidak menyurutkan niat, mantan Bupati MBD ini, untuk melihat langsung kehidupan keluarga Michael, yang tinggal dibawah atap bocor, dan ditutupi terpal berwarna biru, berdinding pelepah sagu dan papan ini.

Orno menjelaskan, kehadirannya di kediaman keluarga Michael telah dikoordinasikan dengan Gubernur Maluku. Untuk itu, Pemda Maluku siap membantu keluarga Michael, terutama bantuan pembangunan rumah layak huni setelah ada lahan tetap.
“Pak Ketua RT, tolong fasilitasi keluarga ini agar bisa punya lahan, bicara dengan keluarga pemilik lahan,” kata Orno.

Untuk masalah pendidikan, dua anak usia sekolah, yang tertua telah difasilitasi gereja dan saat ini tercatat sebagai siswa kelas II SD Teologi Kristen Negeri Suli, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah dan anak kedua baru akan masuk SD.

Untuk bantuan sosial, Selasa (16/07/2019) Dinas Sosial Provinsi Maluku akan memberikan batuan berupa bahan makanan serta bantuan lainnya serta mendaftarkan keluarga ini sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Tak ketinggalan, keluarga ini juga akan menerima bantuan kesehatanmengingat kondisi kesehatan Michael yang pernah kecelakaan berat serta isterinya yang terindikasi gejala gagal ginjal.

Kepada Wakil Gubernur, Michael menjelaskan tentang penghasilan yang didapat selama ini.
“Dari kerja batako, jika penjualan lancar, pendapatan juga lancar,” tuturnya.

Untuk diketahui, Janes Michael pernah bekerja pada perusahaan kayu terbesar di Maluku yaitu PT. Gema Hutan Lestari di Kabupaten Buru.
Naas baginya, baru setahun menjadi karyawan, dia mengalami kecelakaan berat saat menebang pohon, hingga akhirnya membuat kakinya patah dan mengalami gangguan pada tulang belakang.
Michael terpaksa harus berhenti dari perusahaan tersebut dan pulang ke Ambon. Sayangnya, dengan kondisi tubuhnya yang sakit, kehidupan Michael makin terpuruk.

Keluarga ini bahkan pernah bertahun – tahun hidup di pinggiran hutan Passo.
Hingga awal tahun ini, Michael memutuskan tinggal di lahan milik kerabatnya di Dusun Air Besar Negeri Passo karena isterinya akan melahirkan anak ke empat. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60