173 Siswa TK Ikut Lomba Mewarnai dan Kolase di Museum Siwalima

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Peringati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei dan Hari Pahlawan ke 202, yang jatuh pada 15 Mei serta Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2019, Museum Siwalima Maluku menggelar Lomba Mengisi Ruang dan Mewarnai Tingkat TK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, M. Saleh Thio dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Museum Siwalima Maluku, Dra. Jean Saiya saat Pembukaan Lomba Mengisi Ruang dan Mewarnai Tingkat TK yang dilangsungkan di Museum Siwalima, Air Salobar Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Kamis (16/05/2019) menjelaskan, Lomba Mengisi Ruang dan Mewarnai merupakan kegiatan perdana yang didanai Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Museum tahun 2019.

Menurutnya, DAK Non Fisik BOP Museum adalah program pemerintah untuk membantu peningkatan kualitas pengelolaan museum agar memenuhi standar pelayanan teknis Museum Siwalima mendukung pelaksanaan pemajuan kebudayaan di daerah.

Tema kegiatan ini “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan” diambil dari tema besar Hardiknas tahun 2019 dengan pemikiran bahwa tema ini mencerminkan pesan penting tokoh Pendidikan Ki Hajar Dewantara.
Tema ini berhubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam mencerminkan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya generasi emas Indonesia yang berkemajuan.

“Dalam pembangunan sumber daya manusia lebih ditekankan pada pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang trampil dan cakap  berakhlak mulia, sopan, bertanggungjawab serta berbudi pekerti yang luhur,” katanya.
Berdasarkan tema tersebut tambah Thio, Museum Siwalima berupaya untuk membuat kegiatan yang bertujuan menumbuhkankembangkan daya kreativitas dan sportivitas peserta didik tingkat taman kanak-kanak.
“Sebagai bagian dari tugas museum di bidang edukatif kultural, sehingga anak-anak khususnya tingkat Taman Kanak Kanak lebih mengenal benda-benda sejarah budaya yang ada di Museum Siwalima,” jelasnya.

Thio juga menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para Kepala Sekolah dan guru-guru pendamping serta orangtua yang menyambut baik kegiatan ini dan setia membawa anak-anak peserta didik ke Museum Siwalima dari tahun ke tahun dan
dengan kunjungan itu juga meningkatkan PAD Museum Siwalima.

Sementara itu, Kepala Museum Provinsi Maluku, Jean Saiya kepada wartawan usai kegiatan tersebut menjelaskan, sesuai data pada Museum Siwalima Maluku pengunjung terbanyak pada lembaga tersebut adalah siswa TK.

“Karena anak – anak harus diberi penguatan karakter lantaran dalam setiap perlombaan ada menang ada kalah. Jiwa sportifitas ini yang mau kita tumbuhkan dari anak sejak usia dini. Terkadang orang tua atau guru memaksakan anak harus menang tapi kali ini tujuannya hanya satu tapi bisa membangkitkan kreativitas dan karakter anak,” katanya.

Apalagi, hadiah yang disiapkan panitia berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni sepeda yang bisa dibawa pulang siswa dan piala untuk ditempatkan di sekolah.
“Biasanya siswa memperoleh tabungan, tapi kali ini hadiahnyang diperoleh berupa sepeda. Pemberian sepeda ini juga untuk
mengajarkan anak tentang keasrian lingkungan sejak dini,” katanya.

Untuk diketahui, siswa TK yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 173 siswa dari 56 TK di KotavAmbon dan sekitarnya.
Dari 173 siswa, 61 siswa mengikuti Lomba Mengisi Ruang atau Kolase dan 112 siswa TK mengikuti Lomba Mewarnai.
“Selain siswa TK di Kota Ambon, ada juga peserta dari luar Kota Ambon yakni dari Negeri Suli Kecamatan Salahutu.
Walaupun berada di luar Kota Ambon, TK Negeri Suli sering mengunjungi Museum Siwalima,” kata Saiya lagi.

Siswa yang berhasil memenangkan lomba Mewarnai, yaitu, Juara I Naura Rania siswa TK Kartika XIII-13 nomor peserta 005 dengan nilai 960,
Juara II diraih Kenzo siswa TK Rehoboth nomor peserta 034 dengan nilai 930,
Juara III diraih Via Talapessy dari TK Anyelir nomor 094 dengan nilai 900,
Juara Harapan I Charisma Samu-Samu TK Anggrek Indah nomor peserta 039 dengan nilai 835
Juara Harapan II diraih Valenya TK Kartika XIII-1 nomor peserta 092 dengan nilai 830
Juara Harapan III diraih Sharoon Latumahina asal TK Hang Tuah, nomor peserta 029 dengan nilai 820,
Juara Favorit diraih TK Bhayangkara atas nama Aprilia Sameaputty nomor urut 086 dengan nilai 820 .

Sedangkan untuk Lomba Mengisi Ruang Juara I diraih Rika Arbaini asal TK Al Fatah nomor peserta 63 dengan nilai 1.426
Juara II diraih Syaloom Uweubun asal TK Eden nomor 12 dengan nilai 1.325
Juara III diraih Sean Latumeten, TK Kasih Ibu nomor peserta 47 dengan nilai 1.240
Juara Harapan I diraih Uzda dari TK Hang Tuah nilai 1.200 nomor peserta 56
Juara Harapan II diraih TK Kartika XIII-13 atas nama Azzania Umikasya dengan nilai 1.185 nomor peserta 85
Juara Harapan III diraih Grisani Peea nomor peserta 03 dari TK Nyiur dengan nilai 1.150 dan
Pemenang Favorit dari TK Talenta atas nama Gian Telussa dengan nilai 1.150 dengan nomor urut 58. (On).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60