Proyek Perubahan Klinik Pengawasan Buka Data

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Sebagai persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan peserta Diklat kepemimpinan tingkat 11 angkatan XVI thn 2018 BPKSDM Provinsi Maluku, maka Sugeng Widodo dan Najib Hentihu melaunching Proyek Perubahan ‘Klinik Pengawasan Buka Data’ di Kantor Bupati Buru di Namlea, Rabu (21/11/2018).
Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Buru, Amostofa Bessan menegaskan bahwa, diperlukan strategi pengawasan sebagai langkah mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.
Menurutnya, Klinik Pengawasan adalah Iayanan jasa Inspektorat bagi OPD dan pihak lain yang membutuhkan konsultasi terkait penyelenggaraan urusan pemerintahan.
“Untuk teknis pelaksanaan Klinik Pengawasan menyediakan layanan langsung berupa tatap muka.
Inspektorat menyediakan sarana yang dibutuhkan baik berupa tempat konsultasi maupun personil yang ditugaskan dalam rangka memudahkan untuk memberikan layanan kepada pengguna,” katanya.
Klinik Pengawasan tambahnya, dapat bermanfaat dan bisa mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas Tata Kelola Keuangan Daerah yang bebas dari berbagai penyimpangan, manajemen risiko, pengendalian, sarana sosialisasi, dan pernyamaan persepsi terkait penyelamatan keuangan daerah, serta peningkatan kinerja dan peran aparatur Inspektorat untuk Kabupaten Buru yang lebih baik ke depannya.
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pemenuhan atas data pemerintah yang akurat, dan terbuka.
Data merupakan core business dalam aktivitas perencanaan atau dapat dikatakan data merupakan rohnya perencanaan, dengan data bisa tetapkan target kinerja pembangunan serta mengukur keberhasilan pembangunan.
Sebab, tanpa data segala keputusan perencanaan tidak bisa dilakukan Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
Pasal 31 UU tersebut menjelaskan, perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
Sedangkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada pasal 274 mengamanatkan bahwa Perencanaan Pembangunan Daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah.
Selain itu, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah. Berdasarkan regulasi tersebut diatas maka Presiden membuat kebijakan satu data atau one data policy, sebagai penerapan dari e govemment pada instansi pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah memutuskan kebijakan dengan data yang salah akan menimbulkan ketidakpastian dalam pelaksanaan sehingga akan menimbulkan inefisiensi atau sebaliknya dan akan berdampak pada aktivitas sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat, dan dikhawatirkan akan berdampak terhadap politik.
Kondisi saat ini dimana data dan informasi belum dikelola secara balk sehingga terdapat data yang belum akurat, valid serta up to date serta terdapat perbedaan data dan informasi antara instansi, hal ini harus mendapat perhatian bagi seluruh perangkat daerah agar memperhatikan data yang akan dipublikasikan melalui aplikasi e
Untuk kalesang data buru, sehingga data dapat diakses dengan mudah, cepat,murah serta dapat dipertanggungjawabkan.
“Saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi kepada saudara berdua, semoga proyek perubahan Klinik Pengawasan dan Buka Data dapat dilaksanakan secara konsisten, berkelanjutan dan untuk Klinik Pengawasan saya harapkan dapat memberikan asistensi atau pendampingan untuk membantu pelaksanaan program pengelolaan keuangan dan aset daerah, pembinaan sumber daya manusia dan percepatan penyelesaian permasalahan, serta untuk data saya harapkan dapat menghasilkan data yang akurat, valid, serta up to date,” kata Bessan.
Pemaparan Proyek Perubahan tersebut dihadiri, Dandim 1506/Nla ( Letkol Inf Syarifuddin S.Ag, M.I.Pol ), Kapolres P. Buru yang diwakili oleh AKP Palambo, SekdaBuru, Drs Ahmad Assagaf, M.Si, Ketua DPRD Buru Iksan Tinggapi SH, pejabat eselon II Setda Buru. Total undangannyang hadir sekitar 150 orang. (An)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60