Pemda Buru Peringati Hari Pahlawan

NAMLEA, MG.com – Pemerintah Kabupaten Buru menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan  tahun 2018. Wakil Bupati Buru, Amustofa Besan bertindak selaku Inspektur dengan komandan upacara Ipda. Andreas Layan.

Upacara tersebut dilaksanakan di lapangan upacara Pemda Buru, Sabtu (10/11/2018).

Nampak hadir, Dandim 1506/Nla Letkol Inf Syarifuddin S.Ag, M.I.Pol, Sekda Buru, Drs Ahmad Assagaf, Ketua Pengadialan Negeri Namlea serta pejabat eselon II, III dan IV jajaran Pemda Buru, Kabag Ren Polres Buru, AKP Amboto Palambo serta Danki Brimob.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari  1 Sst Dari Kodim 1506/Nla, 1 Sst Dari kompi 731/Kbr, 1 Sst Dari kompi Brimob, 1 Sst Dari polres Buru, 1 Sst Dari Satpol PP, ASN lingkup Pemda Buru, siswa Siswi SD, SMU Namlea.

Bertindak sebagai perwira upacara, Iptu Semi Lainata.

Pada upacara tersebut, dibacakn sambutan tertulis Menteri  Sosial oleh Wakil Bupati Buru, Amustofa Besan.

Mensos mengingatkan, setiap tahun pada tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Peringatan Hari Pahlawan bukan semata acara seremonial,  namun harus sarat makna bukan hanya sebagai profesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat kehidupan sehari-hari,” kata Mensis.

Hal ini penting tambahnya, karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis bisa menguat bahjan juga dapat melemahkan.

“Untuk itu kiranya seluruh rangkaian kegiatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” tegasnya.

Untuk itu tema yang diangkat pada peringatan Hari Pahlawan ke 73 ini adalah, ‘Semangat Pahlawan di Dadaku’ mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

Oleh karena itu, siapa pun dapat menjadi pahlawan setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri lingkungan sekitar bagi bangsa dan negara.

“Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan saya mengajak kita senua berbuat yang terbaik bagi bangsa ini Mari kita berkontribusi bagi kemajuan bangsa mulai dari yang dapat kita lakukan yakni lingkungan terdekat yang ada pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bagi bangsa dan negara. (an)

Tinggalkan Balasan