Proyek Perubahan “Pindah Kota Zaman Now”

AMBON, MG.com – Proyek Perubahan Pindah Kota Zaman Now adalah perencanaan masterplan yang dilakukan untuk pemindahan lokasi Ibukota Kecamatan Kisar Utara Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku dari Ilimanu ke Town Lapa.

Selain itu, perencanaan proyek ini juga merupakan salah satu persyaratan penyelesaian pendidikan dan pelatihan PIM IV.

Demikian disampaikan siswa PIM IV angkatan XIX tahun 2018, Henderina Stevany Noach, ST kepada wartawan di Ambon, kemarin.

Menurutnya, sosialisasi Proyek Perubahan Pindah Kota Jaman Now sekaligus dilakukan penandatanganan surat pelepasan 22 hektar hak atas tanah kepada Pemerintah Kabupaten MBD.

Alasan pelaksanaan proyek Pindah Kota Zaman Now karena keterbatasan lahan sekitar satu hektar untuk pengembangan Kota Kecamatan dapat tersedia yakni Ilimanu ke Town Lapa ibukota kecamatan Kisar Utara. Menurutnya, terbatasnya ketersediaan lahan saat ini di ILimanu, memacunya untuk melakukan Proyek Perubahan, Pindah Kota Jaman Now. “Sehingga kedepan dapat memberikan ruang yang lebih baik lagi untuk pembangunan yang berkaitan dengan aktifitas kecamatan,” jelas Noach.

Dia menjelaskan, terbatasnya lahan di Ilimanu làntaran kawasan tersebut merupakan lahan produktif pertanian.

“Apalagi ciri masyarakat Kisar pada umumnya memiliki budaya tinggal bersama satu pada satu lokasi pemukiman serta mata pencaharian masyarakat adalah bercocok tanam atau petani,” terangnya.

Hal inilah tambah Noach, membatasi ruang sehingga sulit untuk melakukan pengembangan di wilayah ini. “Seharusnya kelayakan dari lokasi ibukota kecamatan lebih dari satu hektar yang tersedia sekarang. Sehingga lewat kajian dan study yang dilakukan tercapai kesepakatan dengan pemilik lahan baru di Town Lapa sebesar 22 hektar,” jelasnya.

Pemilik lahan di Town Lapa, Adrian Mozes  dan Evert Mozes bersedia melepaskan 22 hektar lahan baru di Town Lapa lokasi ibukota kecamatan baru. Pernyataan pelepasan hak atas lahan dibuat secara tertulis diatas kertas bermaterai pada Senin 27 Agustus 2018.

Lahannyang diserahkan tersebut berbatasan sebelah utara dengan laut, sebelah selatan dengan Rumah Holono Kolhina Purpura, sebelah timur dengan Rumah Hihileli Purpura dan sebelah barat dengan tanah milik mata rumah Holono Hihileli Purpura. (**)

Tinggalkan Balasan