Bandara Namniwel Buru Siap Beroperasi

AMBON,MG.com – Bandara Namniwel di Buru-Maluku siap dioperasikan. Hal ini diakui Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frans Papilaya kepada wartawan di Ambon, Senin (17/9/2018).

“Bandara di Buru siap dioperasikan saat ini kami masih lakukan koordinasi,” terangnya.

Menurutnya, keberadaan bandara sangat penting karena bandara merupakan urat nadi berkaitan dengan kondisi geografis Maluku.

“Jadi perioritas kita bukan hanya laut namun seluruhnya yakni laut, darat dan udara. Jadi harus konfrehensip,” terangnya.

Dijelaskan, pemerintah Provinsi Maluku berupaya untuk membenahi sarana transportasi misalnya pelabuhan laut, feri, udara termasuk juga kapal kapal yang beroperasi di perairan  Maluku.

“Nanti secara bertahap bersama Kementerian Perhubungan  kita benahi, karena ada kewenangan yang diatur dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang kewenangan pusat, provinsi juga kabupaten  dan kota,” terangnya.

Khusus untuk pelabuhan udara tambah Papilaya merupakan kewenangan pemerintah pusat, provinsi tidak punya kewenangan untuk mengatur  bagian udara.

Semua yang terkait dengan bandara merupakan kewenangan Pemerintah Pusat dan provinsi hanya punya fungsi koordinasi. “Namun, walaupun kewenangan ada di pempus karena objek atau bandaranya ada di Maluku maka pemerintah provinsi terus berkordinasi dengan pemerintah pusat  terkait dengan bandara apakah bangun baru atau perluasan,” jelasnya. (on)

 

Tinggalkan Balasan