Sahuburua : Tingkatkan SDM IKBH

AMBON, MenaraGlobal.COM– Ikatan Keluarga Besar Huamual (IKBH) menggelar Musyawarah Besar, yang digelar di Aula Gedung Ashari-Alfatah Ambon (03/04).

Plt. Gubernur Maluku daa sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Ekononi dan Pembangunan,Zulkifli­ Anwar menyebutkan, Huamual adalah bagian dari peninggalan sejarah kejayaan kerajaan Luhu, yang sudah mulai tercatat dalam sejarah nusantara di abad ke-7.

Dari catatan sejarah daerah ini, sesungguhnya menyimpan banyak potensi luar biasa, sehingga dipilih dan dijadikan, sebagai pusat pemerintahan kerajaan.

“Memang, kisah historis kejayaan masa itu telah berlalu, tetapi setidaknya ada sesuatu nilai tambah yang berharga, yang tersimpan yang mesti ditemukan oleh saudara-saudara. baik letak geografis, sumberdaya alam, sumberdaya manusia maupun yang lainnya” ucapnya.

Disebutkan, salah satu kunci utama mengubah sebuah daerah kearah yang jauh lebih maju adalah sumberdaya manusia lokal. bahkan pengalaman empirik juga membuktikan, cepat-lambatnya perkembangan sebuah daerah,akan banyak bergantung pada kekuatan SDM yang dimiliki.

Dirinya menginginkan, pemuda Huamual masa kini adalah kaum muda yang telah memiliki kapasitas, kapabilitas, dan kualitas yang tidak kalah dengan basudara pada daerah lainnya.sehingga nantinya, akan melahirkan gagasan cemerlang bagi kemashalatan hidup bersama.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Timotius Akerina dalam sambutannya menyatakan, Huamual lahir karena semangat para tokoh Huamual dalam mewujudkan suatu paguyuban yang dapat menghimpun seluruh potensi jazirah Huamual.diharapkan IKBH ini dapat menghasilkan sesuatu yang baik, karena itu dirinya mengajak seluruh IKBH agar satukan presepsi dan gagasam demi Huamual kedepan.

“Mari baku kele, baku dukung, jang baku kuku, pererat ale rasa bwta rasa, sagu salempeng dibagi dua, mari bersama kasi bae Seram Bagian Barat,” ucap Akerina. (De4)

Tinggalkan Balasan