Dinas PUPR Maluku Terima Rp 350 M Tahun 2018

AMBON, MenaraGlobal.com – Tahun 2018, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku memperoleh kucuran anggaran untuk pekerjaan perluasan ruas jalan provinsi di seluruh wilayah Maluku, dari Kementerian PUPR. Hal ini dikemukakan Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Ismail Usemahu kepada wartawan di Ambon, Sabtu (16/12/2017)

Menurutnya, khusus untuk Bidang Bina Marga, dana yang dialokasikan sekitar Rp 100 miliar untuk proyek perluasan jalan provinsi. Sedangkan untuk proyek pembangunan irigasi dialokasikan sekitar Rp 50 miliar.

“Kita akan laksanakan pada 2018,” katanya.

Sedangkan untuk Bidang Cipta Karya, khusus buat proyek Air Bersih dan Sanitasi Lingkungan serta perumahan dan pemukiman dialokasikan anggaran sekitar Rp 200 miliar..

Beberapa waktu lalu, Wakil Gubernur Maluku, Ir. Zeth Sahuburua menegaskan bahwa Maluku masih bergantung dengan alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat untuk membangun sarana dan prasarana infrastruktur di bidang PUPR maupun sektor lainnya.

Sahuburua menegaskan hal ini saat membuka workshop regulasi dan kebijakan pola pembiayaan investasi infrastruktur bidang PUPR.

“Pemprov Maluku,  saat ini masih berharap investasi pemerintah untuk percepatan pembangunan sarana infrastruktur, sedangkan investasi swasta belum terlalu berkembang,”katanya.

Walaupun demikian, Sahuburua menyadari kondisi keuangan negara saat ini sangat sulit, tetapi khusus untuk Maluku perlu dilakukan terobosan pendanaan guna mempercepat ketertinggalan dan ketimpangan pembangunan yang dirasakan saat ini. Apalagi Maluku termasuk dalam kategori provinsi ke empat termiskin di tanah air. (DW)

 

Tinggalkan Balasan