Orno Pastikan, Ibukota Provinsi Maluku Pindah

  • Whatsapp
banner 468x60

Komisi A Dukung Makariki Jadi Ibukota Provinsi

TIAKUR, MenaraGlobal.com – Pusat Penerintahan sekaligus Ibukota Provinsi Maluku akan dipindahkan ke Pulau Seram. Kepastian ini dikemukakan Wakil Gubernur Maluku terpilih, Barnabas Orno kepada wartawan di Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Sabtu (22/7/2018).

Sebab, salah satu visi dan misi pemerintahan baru yang akan digawangi Murad Ismail dan Barnabas Orno adalah  memindahkan Ibukota Provinsi Maluku.

“Kita pastikan memindahkan Ibukota Provinsi Maluku ke Makariki Pulau Seram untuk itu di 100 hari kerja kami akan percepat  penetapan regulasi yang memungkinkan diterbitkannya Ranperda agar secepatnya Ibukota Provinsi Maluku di pindahkan ke Makariki Pulau Seram,” tegas Orno.

Orno meyakini dengan pemindahan Ibukota Provinsi Maluku ke Pulau Seram akan membawa perubahan yang lebih baik berdasarkan sejumlah kajian yang sudah dilakukan.

Menurut Orno, dipindahkan ibukota akan mengakselerasi pengembangan masyarakat Pulau Seram.

Selain itu juga, Orno berjanji dirinya bersama gubernur terpilih akan berusaha untuk merealisasi janji politik semasa kampanye.

“Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih kami akan mempersiapkan program- program dalam menjalankan roda pemerintahan mulai tahun 2019,” terangnya.

Sebab tambahnya, kemenangan Pilkada bukan tujuan akhir tapi memastikan janji politik saat kampanye akan terealisasi.

Pihaknya juga akan mensinkronisasi program tahun 2019 dengan pemerintahan saat ini.

“Untuk 100 hari kerja kami akan membicarakan dengan Pemerintahan sekarang untuk sinkronisasi program tahun 2019,”janjinya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Maluku, Melky Frans menilai, pemindahan Ibukota Provinsi Maluku berdampak pada dinamika pertumbuhan ekonomi baru, lantaran munculnya pemukiman baru. Selain itu, usaha pertanian rakyat juga akan semakin dinamis dan produktif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Alasan kedua pemindahan ibukota karena keterbatasan daya dukung Kota Ambon lantaran tingkat urbanisasi ke kota sangat tinggi. Sementara kebutuhan perumahan meningkat, dan ketersediaan lahan pemukiman terbatas,” jelas Frans.(on)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60