Birokrasi Bursel Harus Dirombak

  • Whatsapp
banner 468x60

NAMROLE, MG.com – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Bakal dirombak.

Demikian disampaikan Bupati Bursel, Safitri Malik Soulisa, belum lama ini.

Perombakan birokrasi akan dilakukan lima
bulan mendatang dan diharapkan OPD bekerja maksimal dan menunjukan kinerja, setelah itu akan dievaluasi..
“Perobakan akan dilakuka terhadap setiap OPD yang tidak mampu bekerja maksimal,” kata bupati tegas.

Safitri mengaku sejumlah nama OPD mulau eselin IV, III dan II telah dikantonginya.
“Bilamana tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik dan tidak mengedepankan pelayanan kualitas birokrasi yang baik, maka akan dilakukan pergantian,” katanya.

Sementara akademisi dan pengamat politik Maluku dari Universitas Pattimura Ambon, Amir Kotarumalos, mengatakan, reformasi birokrasi di Pemda Bursel perlu dilakukan dalam rangka penyegaran birokrasi.
“Tentunya yang tidak kompoten, produktif dan loyal harus dievaluasai oleh Bupati maupun Wakil Bupati. Untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel di Pemda Bursel maka akan mendorong penerapan sistem akuntabilitas kinerja instasi pemerintah secara baik dan dapat mencegah potensi pemborosan serta meningkatkan efesiensi penggunaan anggaran,” kata Kotaromalos.

Dikatakannya, saat ini kemajuan teknologi yang begitu cepat, menuntut birokrasi beradaptasi dengan cepat di lingkup pemerintah baik Pusat maupun di daerah yang kini, penerapan system pemerintah berbasis elektronik yakni penerapan Sistim Informaswi Pemerintah Daerah (SIPD).

“SIPD merupakan system yang mendekomentasikan, mengadministrasikan serta mengelola data dan pembangunan daerah menjadi informasi untuk bahan pengambilan keputusan dan kebijakan membangun basis data terpadu yang terintegrasi dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional secara elektronik, sehingga digitalisasi birokrasi sudah harus dipersiapkan, agar pelayanan-pelayanan kepada masyarakat dirancang lebih mudah dan cepat melalui instrumen digital,” kata Kotarumalos.

Selain itu juga lanjutnya, pada masa pandemi covid- 19 ini, ASN harus tetap produktif meski diberlakukan penyesuaian sistim kerja dengan bekerja dari rumah maupun kantor, sehingga birokrasi pemerintah dapat beradaptasi dengan penyesuaian sistim kerja yang berhubungan secara digital.
“Untuk mewujudkan birokrasi yang lincah dan cepat mengambil keputusan dalam melayan masyarakat,” jelasnya. (AKi)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60