Wawali Lantik Raja Hatalai Defenitif

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler melantik, Richard Hendry Loppies sebagai Raja Negeri Hatalai Kecamatan Leitisel di Balai Kota Ambon, Selasa(30/03).
Pelantikan ini berdasarkan pada surat keputusan Walikota Ambon nomor 360 tahun 2021 masa bakti 2021 -2027.

Syarif Hadler dalam sambutannya mengatakan, proses pelantikan kepala pemerintahan merupakan rutinitas di bidang pemerintahan dalam Negeri Adat yang ada di Kota Ambon Manise.
“Mengacu pada peraturan nomor 8,9 dan 10 tahun 2011 dan ini merupakan dambaan masyarakat pada negeri adat,” akuinya

Untuk itu kata Hadler, proses panjang yang dilalui Pemerintahan Negeri Hatalai lewat pejabat negeri dengan Saniri dalam bekerja sama memfasilitasi lahirnya produk hukum tertulis melalui Peraturan Negeri tentang Mata Rumah Parenta yang diawali dengan rapat internal Saniri dilanjutkan dengan rapat bersama Soa Mata Rumah Parenta untuk membicarakan menetapakan raja defenitif Negeri Hatalai.

“Apabila ada masyarakat yang merasa keberatan bisa mengambil jalur hukum yang sesuai dengan peraturan yang ada,” katanya.

Dirinya berharap, Raja Negeri Hatalai yang sudah dilantik harus mengembangkan kinerja dengan baik demi kepentingan masyarakat Negeri Hatalai.

“Karna dinamika serta politik pada proses seleksi kepala pemerintahan defenitif di negeri adat, maka alangkah baiknya melalui kinerja Saniri, dapat mendudukan fakta sejarah terhadap garis keturunan atau mata rumah yang berhak memimpin dalam menjalankan roda pemerintahan,” tandasnya (Fal)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60