Pembangunan TPA Regional Diprioritaskan Balai Cipta Karya

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Dengan adanya isu Strategis Nasional yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi, pasti ada pertambahan penduduk disitu. Ada muncul kawasan-kawasan baru, terutama setelah pengembangan di Lumbung Ikan Nasional (LIN).
“Sampah kita di Kota Ambon hampir 260 ton/hari, sedangkan pengangkutannya cuman 163 ton, sehingga masih ada selisih sekian ton. Itu mau dibuang kemana? apa mau dibuang ke laut, ke sungai atau dibakar. Kita mengantisipasi itu,” kata Kepala Balai Cipta Karya, Halil Kastela kepada wartawan di Swissbell Hotel, Rabu (24/03/2021).

Untuk itu, pembangunan TPA regional menjadi kegiatan yang diprioritaskan Balai Cipta Karya kedepan.

Dikatakan, ada empat isu strategis di Provinsi Maluku, yang pertama Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia, yang kedua adalah pembangunan LIN (lumbung ikan nasional) di Provinsi Maluku, yang ketiga pembangunan pasar Mardika di tahun 2021, dan yang terakhir adalah pembangunan New Kratibhab dalam perencanaan di Kota Ambon,” kata Kastela.

Untuk penanganan sampah, dalam perencanaan jangka pendek, TPA di Dusun Toisapu Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Kota Ambon akan dibangun tahun 2022.
“Tapi kalau jangka panjang dengan isu strategi empat sektor itu, mau tidak mau, suka atau tidak suka, ini harus duduk di Pemerintah Provinsi Maluku, menfasilitasi Pemerintah Kota Ambon dan Maluku Tengah,” imbuhnya.

Terhadap semua itu, Kastella anjurkan agar dipastikan terlebih dulu. Apakah sudah difasilitasi oleh KSP, lahannya dimana, kajian efeknya dimana, pengelolanya siapa, kemudian kerja sama PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara bupati dan walikota, serta diketuai oleh DPRD kota maupun DPRD Maluku tengah.

“Nah kita (Balai Cipta Karya) nanti yang akan memfasilitasi terkait dengan pembangunan infrastrukturnya saja. Kalau itu semuanya sudah siap baik itu dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan, sampai pengelolaan, kita tunggu action dari Pemerintah Kota Ambon dan Maluku Tengah yang difasilitasi Dinas PUPR Provinsi Maluku,” pungkasnya.(VAT)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60