Warga Suli Palang Kantor Desa

Warga Protes 7 Tahun Mantan Raja Jadi Penjabat

AMBON, MG.com – Kantor Negeri Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah dipalang warga lantaran muak dengan berbagai kebijakan yang terjadi di negeri adat tersebut.
Saat ini Penjabat Negeri Suli dijabat Hans Suitella yang notabene mantan Raja Negeri Suli.
Suitella telah menjabat sebagai Penjabat Raja sejak tahun 2012, atau masa akhir jabatannya sebagai Raja Negeri Suli.
“Penjabat saat ini adalah mantan Raja Negeri Suli, dan Suitella tidak pernah memfasilitasi pemilihan Raja Negeri Suli ” kata Minggus L salah satu warga yang ikut berdemo, Jumat (01/11/2019).

Warga menuntut agar Penjabat Negeri Suli segera mempercepat proses pemilihan Raja Negeri Suli.
“Kami meminta agar penjabat Negeri Suli dijabat PNS yang netral dan harus ada transparansi penggunaan ADD/DD,” kata Mon salah satu pengunjuk rasa.

Ketidaknyamanan warga Negeri Suli dipicu kebijakan Penjabat Negeri Suli saat ini, yang nantinya maju dalam bursa Pemilihan Raja Negeri Suli
“Bagaimana mungkin, penjabat mau ikut proses pemilihan raja, pastinya dia tidak netral,” katanya.

Bukan saja itu, Hans Suitella terkesan sengaja mengulur-ulur waktu proses pemilihan Raja Negeri Suli. Padahal ada empat calon yang telah ditetapkan masing -masing Soa. “Kami dari beberapa Soa Parenta telah sepakat menetapkan calon dari masing-masing Soa, sistemnya terbuka tapi terbatas. Hanya Soa tertentu ” terangnya.

Bukan hanya itu, dalam penggunaan dana desa yakni ADD/DD Hans Suitella terkesan tidak transparan. Sebab, pada setiap proyek yang didanai ADD/DD tidak pernah ada papan proyek.
“Proyek yang didanai ADD/DD, tidak pernah ada papan proyek, jadi kami tidak bisa mengetahui informasi terkait proyek tersebut ” terangnya. (On)

Tinggalkan Balasan