Acara Adat Cuci Negeri Di Hadiriu Danrem 151/Binaiya

AMBON,MenaraGlobal.com  – Komandan Komado Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru menghadiri acara adat budaya tahunan yang diadakan oleh masyarakat di Negeri Soya Kecamatan Sirimau, Jumat (08/12/2017).

Acara adat yang diadakan oleh masyarakat Negeri Soya merupakan acara tahunan yang selalu digelar pada awal bulan Desember selama 5 hari berturut-turut. Acara tersebut bernama Cuci Negeri, yang mempunyai arti membersihkan diri dan tempat tinggal atau negeri. Prosesi dari acara puncaknya adalah pada hari Jumat, tanggal Delapan kemarin. Dalam acara puncak tersebut mayoritas warga negeri menggunakan pakaian berwarna hitam dengan syal merah. Diawal acara banyak doa-doa dipanjatkan oleh para tetua adat maupun tokoh agama yang bertujuan mendoakan kepada yang hadir di Baelio tersebut agar diberi kesehatan dan keselamatan serta dijauhkan dari berbagai macam penyakit. Doa tersebut dibawakan dengan menggunakan bahasa daerah negeri Soya.

Acara adat tersebut merupakan budaya turun-temurun dari leluhur mereka yang sampai saat ini terus dipelihara dan dilestarikan. Acara adat cuci negeri oleh Kementerian Kebudayaan diakui sebagai warisan budaya non benda. Selain Danrem dan Istri, hadir pula sebagai undangan Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon, Letkol Inf Roynald Sumendap bersama Istri, Danramil Sirimau, Kapolres Sirimau dan perwakilan dari Walikota Ambon.

 

Tinggalkan Balasan