MBD Kabupaten Pertama di Maluku Capai UHC

  • Whatsapp
banner 468x60

Warga MBD Terima JKN-KIS

Tiakur, MenaraGlobal.COM – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Afliana Latumakulita memberikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya (MBD) dalam program pemerintah ini, yakni  menyerahkan kartu JKN KIS kepada warga setempat,  guna memastikan seluruh masyarakat  MBD memperoleh perlindungan jaminan kesehatan.

“Apa yang dilakukan Pemda MBD, memposisikan kabupaten ini sebagai kabupaten pertama di Maluku yang mencapai Universal Health Coverage (UHC) dengan status kepesertaan 98 persen dari total jumlah penduduknya. “Jumlah masyarakat MBD yang dijamin sebanyak 10.732 jiwa. Kabupaten ini menjadi contoh dan memberikan motivasi bagi kabupaten dan kota lain untuk bergegas mencapai Universal Health Coverage,” kata  Latumakulita.

Penyerahkan dilakukan secara simbolis Kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), Senin (19/03). yang dipusatkan di aula Bappeda Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sementara itu Wakil Bupati MBD, Benjamin T. Noach, dalam sambutannya menjelaskan,

JKN-KIS merupakan wujud komitmen Pemerintah Pusat untuk memastikan seluruh rakyat Indonesia terlindungi oleh jaminan kesehatan yang layak dan memadai.

“Karenanya, Pemerintah Daerah harus mendukung program tersebut dengan mendaftarkan seluruh masyarakat Maluku Barat Daya. Pendapatan Pemerintah Daerah berasal dari rakyat, maka adalah kewajiban pemerintah pula untuk mengembalikan uang tersebut demi kesejahteraan rakyat. Bagi para penerima KIS walaupun sudah terjamin pembiayaan kesehatannya, tetap harus menerapkan pola hidup sehat agar tidak mudah sakit,” kata Noach.

Sebagai informasi, jumlah peserta JKN-KIS di Provinsi Maluku saat ini adalah 1.288.697 jiwa atau 70,79 persen.

Diharapkan di akhir tahun 2018 nanti Provinsi Maluku dapat mencapai Universal Health Coverage (UHC) dengan dukungan dari Pemerintah Daerah dalam menjaminkan masyarakatnya serta mendorong Badan Usaha di wilayah kerjanya untuk patuh mendaftarkan pekerjanya dan membayarkan iurannya.

Penyerahan KIS dan sosialiasi Program JKN-KIS ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan Musrenbang Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun 2018.

Hadir pula kegiatan dimaksud Sekretaris Daerah MBD, Alfonsius Siamiloy, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten MBD.  (D2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60