Dharma Wanita Kota Ambon Bersama PMI Lakukan Donor Darah

  • Whatsapp
banner 468x60

Ambon,MG.com – Berlangsung pada Unit Layanana Admintrasi Pemerintah Kota Ambon Dharma Wanita Kesatuan Kota Ambon bersama Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kota Ambon melakukan donor darah,Selasa ( 07/03/23).

“Ketua DWP Ambon, Ny Hanne Ririmasse menyebut, aksi sosial ini akan rutin dilakukan pihaknya 4 kali dalam satu tahun di 2023 ini atau tiap triwulan guna memenuhi kebutuhan stok darah bagi masyarakat lewat PMI.

“Selain bulan Maret ini, kami juga akan melakukan kegiatan yang sama di tahun 2023 ini yakni di bulan Juni, September dan Desember. Jadi 4x dalam setahun atau tiap triwulan,” jelas

“Target donor darah di 4 kali aksi sebut Ririmasse, adalah minimal mendapatkan 20 kantong darah sekali aksi. Namun jika melampaui target tersebut, pihaknya bersyukur.

“Semoga hari ini bisa lebih dari 20 kantong.
Harapannya kantong darah yang sudah dihasilkan ini semuanya bisa dipakai, tidak ada yang rusak, terbuang percuma saat diperiksa di laboratorium. Seperti tahun lalu dalam rangka HUT DWP, ada 40-an kantong terkumpul dan semuanya terpakai,” jelas istri Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon itu.

Sesuai motto DWP yaitu “Katong Sehat, Mereka Selamat” maka aksi donor darah ini tambahnya, diharapkan dapat memberi dampak kesehatan bagi pendonor maupun menyelamatkan masyarakat yang membutuhkan melalui kantong-kantong darah yang dihasilkan ini.

“Ini bentuk kami peduli dan berbagi berkat dengan masyarakat Kota Ambon dan Maluku pada umumnya yang memerlukan stok darah. Semoga bisa menyelamatkan banyak orang di rumah-rumah sakit yang butuhkan transfusi darah,” akunya.

“Teknisnya penyaluran ke masyarakat tambah Ririmasse ada di PMI setelah kantong darah layak dipakai. Apakah disalurkan ke rumah-rumah sakit yang membutuhkan atau menunggu permintaan sesuai stok darah yang ada.

“Kami berkoordinasi juga dengan pak Penjabat Walikota dan pak Sekkot selaku pembina DWP Ambon agar mengarahkan ASN di lingkup Pemkot Ambon untuk turut berpartisipasi donorkan darahnya bagi kemanusiaan. Tetapi kembali lagi kepada masing-masing orang, karena ini sukarela, tidak bisa dipaksakan,” pungkasnya.

“Diwaktu yang sama Vensca Lesnusa PLT. Kepala Unit Tranfuso Darah PMI Kota Ambon
Menjelaskan,itu adalah merupakan kegiatan rutin daripada Dharma wanita persatuan kota Ambon yaitu dari bidang sosial budaya saya di sini didampingi oleh ketua bidang sosial budaya dan juga sebagai koordinator untuk kegiatan donor darah pada hari ini. Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin,”ujar

“Kami laksanakan dalam tahun 2023 itu setiap tiga bulan sekali jadi bakal ada di bulan Juni September dan Desember kegiatan donor darah ini merupakan kerjasama dari Dharma wanita persatuan kota Ambon bersama PMI kota Ambon tujuannya adalah sebagaimana Motto daripada kami Sadari bahwa Kita sehat mereka selamat,”tuturnya

Untuk itu,artinya lewat kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan yang bisa memberikan dampak kesehatan bagi kami yang melaksanakan donor darah bagi siapa pun yang melaksanakan donor darah tetapi juga Kantung – Kantung darah yang kami hasilkan ini bisa berdampak berbagi berkat bisa menyelamatkan banyak orang yang membutuhkan dan saat ini ditengah kondisi situasi yang kesehatan yang sedang tidak membaik dengan adanya donor darah ini Kantung Kantung darah ini bisa berdampak menyelamatkan banyak orang target kami kalau bisa 20 kantong setiap pelaksanaan donor darah tiga bulan,”jelasnya

“Sekali tetapi kalau lebih kami bersyukur kalaupun mungkin dalam kondisi kesehatan yang kondisi fisik dari pada yang bersangkutan akan melakukan donor darah tidak lebih dari 20 tapi itu target kami dan harapan kami Kantung Kantung darah yang sudah hasilkan ini semuanya bisa dipakai dan tidak ada yang rusak,”ungkapnya

“Nanti kami serahkan ke PMI nanti dari PMI kemudian mereka akan ke laboratorium untuk memeriksa kalau memang layak itu akan disalurkan di rumah sakit rumah sakit yang membutuhkan siapa pun yang membutuhkan bisa datang ke PMI,”tandasnya ( Fal )

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60