BPBD Maluku Bantu Korban Gempa Sawai

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku menyerahkan bantuan logistic kepada masyarakat Negeri sawai Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku tengah berupa barang atau bantuan logistic dan alat protokol kesehatan.

Barang yang diserahkan untuk upaya penanganan kejadian gempa bumi. Barang yang diberikan berupa makanan siap jadi sebanyak 2 karton, lauk-pauk 2 karton, perlengkapan bayi 6 paket, family kit 10 paket, tikar 30 lembar, masker medis 10 karton, masker kain 1000 pcs, terpal 6 x 8 sebanyak 20 lembar dan 1000 batang sabun mandi.
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Maluku, Hendry Far-Far didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Maluku, Shandy Luhulima serta Kalaksa BPBD Maluku Tengah, Latief Key juga mengunjungi sejumlah lokasi yang rusak akibat gempa berkekuatan 5,9 mg pada Kamis (04/11/2021) lalu.
Dalam kunjungan tersebut, selain membawa bantuan, Kalaksa beserta rombongan juga meninjau dan mendata seluruh kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut.
Tidak itu saja, Kalaksa BPBD Maluku bersama rombongan juga menyerahkan bantuan berupa alat protokol kesehatan di atas KMP Rokatenda dari Kairatu-Liang.


Untuk diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 5,9 di 27 kilometer timur laut, Sawai, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Kamis, pukul 11.42 WIT, menyebabkan belasan unit rumah warga dan fasilitas umum di Negeri (Desa) Sawai mengalami kerusakan.

“Kami sudah mendata kerusakan yang terjadi akibat guncangan gempa bumi dan melaporkannya kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah,” kata Pejabat Negeri Sawai, Ahmad Ipaenin saat dihubungi melalui sambungan telepon selular dari Ambon, Kamis (04/11/2021)

Ia mengatakan gempa tektonik 5,9 yang terjadi pada pukul 11.42 WIT menyebabkan sedikitnya belasan unit rumah warga rusak. Ada yang dinding rumahnya retak ringan hingga sedang, dan sebagian lainnya roboh karena kuatnya guncangan lindu.
Selain rumah warga, fasilitas umum, yakni satu bangunan masjid, sekolah dasar, dan bangunan kelompok swadaya masyarakat (KSM) sanitasi di Sawai mengalami rusak ringan, sedang dan berat, serta sebagian talud pembatas pesisir pantai terlepas dan roboh.

Dampak yang disebabkan gempa, kata Ahmad, telah dilaporkan kepada Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua. Untuk sementara waktu kerusakan yang terjadi tidak akan dibersihkan hingga ada arahan selanjutnya dan pemeriksaan dari BPBD Maluku Tengah.

“Saya sudah perintahkan staf untuk memberitahukan warga, sementara kerusakan jangan dibersihkan dulu, sampai ada arahan selanjutnya dari BPBD, jangan sampai kita sudah terlanjur membersihkan akhirnya dinilai lain-lain lagi,” ucap dia. (D2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60