Gubernur Pimpin Upacara HUT Provinsi Maluku ke- 76

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, M lG.com – Gubernur Maluku Murad Ismail, Kamis (19/08/2021), memimpin Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Maluku yang ke- 76. Upacara Hari Provinsi Maluku dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Ambon, dihadiri Wakil Gubernur Barnabas Orno dan Forkopimda Provinsi Maluku.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kepala Biro Organisasi Setda Maluku Melky Lohy.

Gubernur Murad dalam sambutannya menyebut, bulan Agustus adalah bulan spesial dan istimewa bagi Provinsi Maluku karena memiliki dua nilai historis, yakni Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus dan Hari Lahir Provinsi Maluku pada 19 Agustus.

Sehubungan dengan itu, Gubernur menyebut setidaknya ada tiga warisan kepahlawanan yang patut diteladani masyarakat Maluku. Tiga warisan itu adalah semangat persatuan dan kesatuan, semangat rela berkorban tanpa pamrih dan semangat cinta tanah air (patriotisme).

“Semangat persatuan dan kesatuan harus menjadi modal dalam membangun Maluku, karena kta tidak dapat  bergerak sendiri,” ingat Gubernur.

Selanjutnya, sikap rela berkorban tanpa pamrih dengan mengorbankan harta dan nyawa bagi ibu Pertiwi juga patut diteladani, terutama pada masa pandemi Covid 19.

“Saat pandemi Covid, pemerintah telah memberikan berbagai bantuan sosial. Walau demikian, harus diakui, kemampuan pemerintah terbatas. Jadi yang punya kelebihan ekonomi, saatnya kini berbagi, tumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial, bantu mereka yang kekurangan. Itu wujud nyata dari sikap rela berkorban,” ujar Gubernur.

Terakhir, tambah Gubernur, adalah jiwa patriotisme yang tinggi dan mengumakakan kepentingan negara di atas segalanya. Jiwa seperti ini harus diteladani oleh generasi muda Maluku dengan menjunjung tinggi nilai-nilai pela gandong.

Peringatan HUT Provinsi Maluku ke- 76 di Lapangan Merdeka Ambon mengambil tema “Maluku Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Tema ini mengandung nilai filosofy untuk terus bergerak mengatasi pandemi Covid 19.

Pada uoacara kali ini, pengibar duplikat bendera pusaka dipercayakan kepada tiga anggota Paskibra, yakni Dimas Adriansyah Samad, asal Kabupaten Buru, Anthonius Sambonu, asal Kabupaten Maluku Tengah dan Intan Novianti, asal Kabupaten Buru Selatan.

Teks Pancasila dibacakan Gubernur Murad selaku Inspektur Upacara, sedangkan naskah Pembukaan UUD 1945 dibacakan Bagas Jasmono.
Hymne dan Mars Provinsi Maluku dibawakan Paduan Suara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku. (D2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60