DPRD Maluku Dukung Pengusulan AM Sangadji Jadi Pahlawan Nasional

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala menegaskan pengusulan A.M. Sangadji sebagai Pahlawan Nasional sudah berproses.
”Kita proses dan upaya melengkapi persyaratan. Kita proses apa yang kurang dilengkapi oleh tim, di kabupaten dan Kota, tidak menyulitkan,” jelas Sangkala kepada wartawan usai pertemuan antara keluarga A.M. Sangadji dengan Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, yang juga dihadiri Sekda Maluku dan Kadis Sosial Maluku, Sartono Pinning, Senin (9/8/2021).

Ketua DPW PKS Maluku, ini mengingatkan jika A.M Sangadji, hingga sekarang belum ada tanda jasa yang diberikan kepada keluarga.
“Jadi sekarang kita selesaikan baru usul ke Kementerian Sosial. Kalau sudah usul kita berjuang lewat jalur politik dan semua jalur dioptimalkan,” paparnya.

 

Kadis Sosial Maluku, Sartono Pinning, menegaskan, pihaknya dorong A.M Sangaji, diakui sebagai Pahlawan Nasional. Namun, Pinnimg mengingatkan jika usulan harus sesuai aturan main.
”Saya jelaskan sesuai konteks aturan. Saya kira tanpa dijelaskan keluarga A.M Sangaji, tahu,” kata Sartono.

Pinning juga mengingatkan tentang regulasi penetapan A.M Sangaji jadi pahlawan nasional.
“Soal persyaratan mutlak kumulatif. Tanda gelar kehormatan mesti didukung dokumen lain. Ada seminar-seminar bagian dari dokumen yang diajukan pemerintah,” paparnya.

Bahkan kata Pinning, usulan A.M Sangadji, diusulkan jadi Pahlawan Nasional, belum diusulkan secara tertulis kepada Dinas Sosial Provinsi Maluku.
”Sejak kapan permohonan tertulis diajukan kepada pemerintah. Jadi mari sekarang kita berproses sesuai aturan main,” harapnya

Di lain pihak, keluarga AM Sangadji menuding pemerintah daerah tidak serius mengusulkan Abdoel Moethalib Sangadji, yang disebut A.M Sangadji, sebagai Pahlawan Perintis Kemerdekaan Indonesia.

“Mestinya keluarga tidak perlu berjuang A. M Sangadji, dapat gelar pahlawan. Yang berjuang itu mesti pemerintah daerah agar beliau bisa memperoleh gelar pahlawan,” kata Kamil Mony, perwakilan keluarga A.M Sangadji.

Dia mengaku, secara historis perjuangan tokoh asal Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah itu, pengakuan tokoh nasional dan seminar yang digelar, sudah mengakui jika A.M Sangadji memenuhi syarat sebagai Pahlawan Nasional.
”Testimoni sudah jelas. Jadi perjuangan A.M Sangadji, sebagai Pahlawan Nasional sudah memenuhi syarat. Nah, sekarang tinggal keseriusan pemerintah daerah,” katanya.

Dia mengaku, perjuangan mengusulkan A.M Sangadji, sebagai Pahlawan Nasional, sudah berlangsung 20 tahun lalu.
Namun, hingga saat ini belum ada progres pengusulan tersebut.
”Teknisnya ada di Dinas Sosial Provinsi Maluku. Kita berharap, pemerintah serius mengupayakan agar A.M Sangadji, bisa memperoleh gelar pahlawan,” harapnya. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60