Hentihu Minta Keadilan Berlakukan Tes Rapid Antigen di Daerah

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Pemerintah Provinsi Maluku dimnta mengambil kebijakan yang adil bagi seluruh daerah. Kebijakan tersebut salah satunya adalah memberlakukan surat bebas covid-19 melalui rapid antigen.

Hal ini dikemukakan anggota DPRD Maluku, Azis Hentihu kepada wartawan di Kantior DPRD Maluku, Selasa (29/06/2921).

Hentihu mernilai ada ketidakadilan yang diberlakukan terkait penggunaan rapid antigen, misalnya saat anggota DPRD Maluku akan lakukan pengawasan di Pulau Seram, yakni Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB) dan Seram Bagian Timur (SBT) tidak memberlakukan kewajiban lakukan rapid antingen. Namun di Kabupaten Buru, diwajibkan untuk lakukan rapid antigen.

Hentihu mengaku, banyak keluhan masyarakat yang disampaikan kepadanya.

“Kita mendapat banyak keluhan salah satunya adalah pemberlakuan kebijakan penggunaan bebas Covid-19 melalui rapid antigen dan lain sebagainya. Contoh dari Namlea-Ambon menggunakan surat bebas Covid-19, faktanya ketika anggota DPRD melaksanakan pengawasan di SBB, SBT dan Malteng sama sekali tidak berlaku,” katanya kesal.

Untuk itu, Hentihu meminta ketegasan dari Pemda dan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, agar pemberlakuan surat berbas Covid-19 harus adil dan manusiawi kepada seluruh daerah.

Namun dibalik itu, Hentihu meminta keringanan biaya rapid antigen terutama bagi anak-anak yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

“Kalau rapid antigen diharuskan membayar Rp 250 ribu, itu kan mahal, kalau anaknya dua orang berarti Rp 500 ribu. Ini berarti ongkos rapid antigen  lebih mahal dibanding ongkos tiket. Untuk itu, mesti ada kebijakan memudahkan anak-anak ini,” harapnya.

Untuk itu, dirinya telah lakukan komunikasi dengan pimpinan dewan, sehingga dalam dalam waktu dekat hal ini akan dibicarakan dengan Pemda dan Satgas Covid-19 Maluku.

“Kita undang mereka untuk membicarakan hal ini, agar tes covid tetap dilakukan, bebas covid itu keniscayaan tapi harga di bawah agar terjangkau,” katanya. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60