Pemkot Ambon – FK Udayana Jalin Kerjasama

  • Whatsapp
banner 468x60

BALI, MG.com – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy bersama Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali Prof.I Ketut Suyasa, melakukan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kota Ambon dengan Fakultas Kedokteran Program Studi (Prodi) Kesehatan Mata Universitas Udayana, Selasa (22/6/2021).

Dengan poin-poin penandatanganan ini antara lain, pelayanan kesehatan secara berkala oleh dokter-dokter spesialis mata Universitas Udayana pada Balai Kesehatan kota Ambon, pengembangan dan penelitian termasuk Riset dan teknologi serta pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan kesehatan bagi warga dan masyarakat kota Ambon, khususnya poli mata.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy di hadapan Dekan Fakultas Kedokteran dan civitas akademika Prodi Mata Universitas Udayana mengungkapkan, Kota Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku, masih jauh tertinggal dari aspek pendidikan. Apalagi pendidikan kedokteran. Padahal lanjutnya, beberapa universitas di tanah air, didirikan atas inisiasi orang Maluku.

“Fakultas kedokteran universitas Airlangga Surabaya, Fakultas Kedokteran Unhas Makassar, itu berdirinya atas inisiasi putra-putra terbaik asal Maluku,” ungkap Walikota.

Dengan kerjasama ini, lanjut Walikota Ambon, diharapkan adanya peningkatan sumber daya manusia dibidang kesehatan, khususnya dokter spesialis poli mata di kota Ambon, sehingga nantinya kota Ambon tidak kekurangan atau kesulitan dokter spesialis mata pada Balai kesehatan kota Ambon.

“Kerjasama ini akan sangat membantu dan memudahkan putra-putri terbaik kita yang ingin meningkatkan pendidikan mereka sebagai dokter spesialis mata. Mereka akan dibantu dengan bimbingan belajar dan mungkin saja modul-modul yang diberikan para dokter Universitas Udayana sebelum mereka test,” tambahnya.

 

Lebih jauh dijelaskan, selama ini setiap tahunnya pemerintah kota Ambon bekerjasama dengan Pemerintah Vlisingen di Belanda, melakukan bakti sosial, mulai dari operasi bibir sumbing, Urologi dan operasi katarak.

“Problem kita, banyak warga yang datang sebagai pasien dalam bakti sosial itu, berasal dari kabupaten-kabupaten terdekat. Dan ini saya tidak bisa melarang atau menolak mereka, karena ini soal kemanusiaan. Ini problem kita,” jelas Walikota .

Dengan penandatanganan kerjasama ini, lanjut Walikota, Pemerintah Kota Ambon berharap, dokter-dokter dari Fakultas kedokteran Universitas Udayana bisa datang secara berkala, membantu pelayanan kesehatan khususnya poli
“Saya menyambut baik kerjasama ini, karena ini bagian dari pengabdian kepada bangsa dan negara,” kata Suyasa.

Dirinya menjelaskan, Prodi Mata Universitas Udayana, banyak melakukan kerjasama lintas provinsi serta Kabupaten dan juga hingga ke mancanegara. Antara lain kabupaten Maumere di Papua, Mamuju di Sulsel, dan sejumlah daerah lainnya di tanah air, serta juga kerjasama dengan Provinsi Hawai di Amerika, dan juga Australia.

“Saya berharap, bukan saja kerjasama dengan Fakultas Kedokteran dalam hal ini Prodi mata, tetapi bisa juga dengan Fakultas-fakultas lain di Universitas Udayana,” harap Suyasa.

Menyambut hal itu, Walikota menyatakan kesiapannya untuk memperluas kerjasama dimaksud.
“Fakultas kedokteran khususnya poli mata, menjadi pintu masuk bagi kita untuk melakukan kerjasama dengan fakultas-fakultas lain yang ada di Universitas Udayana,” tutup Walikota.

Hadir dalam Penandatangan kerjasama ini antara lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Drg Wendy Pelupessy, Dr Daniel Siegers, SpM dan Taty Rahareng bagian hukum Pemkot Ambon. (FAL)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60