14 Calon KPID Maluku Ikut Seleksi Kepatutan Dan Kelayakan

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Sebanyak 14 calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah atau KPID Maluku mengikuti seleksi uji kepatutan dan kelayakan di hadapan anggota Komisi I DPRD Maluku yang membidangi Bagian Hukum, Pemerintahan dan Keuangan.

Seleksi akan dilakukan selama dua hari mulai Kamis 27 Mei hingga Jumat 28 Mei 2021, dimana tiap bagian terbagi menjadi dua sesi yakni Uji Kelayakan dan Kepatutan yang sering disebut dengan Fit and Proper.

Test ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana calon komisioner memahami dan mengetahui tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab yang diemban sebagai Komisi yang harusnya bisa mengelola dan membenahi kualitas Penyiaran Indonesia di Maluku.

Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra, selaku pimpinan kegiatan tersebut menyampaikan, di hari pertama dilakukan seleksi terhadap tujuh peserta, dan Jumat (28/05/2021) akan dilakukan seleksi lanjutan kepada tujuh peserta lainnya.

Rumra pun menjelaskan, seleksi terhadap calon komisioner KPID Maluku dilakukan secara terbuka sehingga tidak bisa diintervensi.

“Seleksi ini kami lakukan secara terbuka sehingga tidak bisa diintervensi apapun,” kata Amir Rumra di ruang paripurna DPRD Maluku, Kamis (27/05/2021).

“Penilaian akan dilakukan terhadap penguasaan visi misi, kompetensi di bidang penyiaran dan kredibilitas calon dengan memberikan nilai 50-90,” imbuhnya.

Dikatakan, dari 14 calon komisioner yang diseleksi, empat orang diantaranya merupakan incumbent.

 

“Namun tidak ada jaminan incubent bisa lolos, karena tes yang dilakukan terbuka serta penilaian sesuai ketentuan,” kata Rumra.

Ia juga meminta calon yang nantinya lolos sebagai komisioner KPID Maluku adalah mereka yang berkualitas.

“Penetapan komisioner akan diumumkan bulan Juni 2021 mendatang,” harapnya.

Peserta pertama yakni Benico Rituaw seorang pengajar di FISIP Universitas Pattimura tampil apa adanya dan langsung mempresentasikan visi misi tentang fungsi dan tugas KPID tiga tahun kedepan saat menghadapi moment Pilkada dan Pemilihan Umum. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60