Gonga dan Sogalrey Sepakat Tingkatkan SDM Aru

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru memastikan program lima tahun nantinya, yang menjadi prioritas adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).
Hal ini dikemukakan Gonga usai dilantik Gubernur Maluku, Murad Ismail di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (26/02/2021).
Dikatakan, keseriusan Pemkab Aru meningkatkan SDM Aru, dibuktikan dalam periode sebelumnya, telah dikirim 275 putra-putri daerah melanjutkan kuliah di Akamigas, Cepu.
“Setiap tahun rata-rata 45 orang. Angkatan pertama di tahun 2016 sudah selesai 40 orang,” katanya.
Menurutnya, upaya ini dilakukan dalam mempersiapkan generasi Aru berperan aktif di Blok Masela.
Sedangkan di bidang kesehatan, 70 orang telah dikirim ke Ambon untuk melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran, Universitas Pattimura. dan 200 orang untuk mengikuti pendidikan jurusan kebidanan dan keperawatan. Serta ada 51 anak yang dikirim mengikuti pendidikan perikanan di Ambon.
Hal lain yang juga menjadi prioritas, kata Gonga, yakni pembangunan infrastruktur berkaitan kebutuhan dasar masyarakat, berupa air bersih, jalan, drainase, perumahan, pendidikan, kesehatan.
Selain itu, keterisolasian Aru semakin terjembatani mulai dari saluran telekomunikasi mulai menjamah 90 persen wilayah Kepulauan Aru, dengan jumlah 80 BTS tersebar di pelosok Bumi Jargaria.
Untuk bidang transportasi, lanjut Gonga ada dua feri yang melayani beberapa daerah, yaitu Feri Lobster dan Samudera dengan rute Kojabi, dan Jerol serta beberapa pulau lainnya.
Khusus untuk pemutusan penyebaran virus corona (Covid-19) juga tidak terlepas dari perhatian emkab Aru. “Penanganan Covid-19 juga menjadi prioritas di masa pemerintahan kami, sehingga saat ini Aru telah kembali ke zona hijau,” terangnya.
Terkait dengan adanya kubu-kubu daklam pemerintahan, Gonga menegaskan dirinya bersama Wakil Bupati, Muin Solgarey milik masyarakat Aru.
“Kita jadi Bupati dan wakil Bupati seluruh masyarakat Aru, bukan kelompok-kelompok tertentu,”ujar Gonga.
Untuk itu, dirinya meminta dukungan masyarakat Bumi Jargaria bersama pemerintah daerah dan stakeholder lainnya mensukseskan proses pembangunan di Kabupaten Kepulauan Aru. (Eln)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60