Gubernur Terima Kartu Imunisasi Vaksin Covid dari Kemenkes RI

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON, MG.com – Gubernur Maluku, Murad Ismail menerima Kartu Imunisasi Vaksin Covid-19 dari Perwakilan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, setelah selesai divaksin, Jumat (15/01/2021).

Kartu Imunisasi Covid-19 akan dipakai saat pemegang kartu akan kontrol sebelum dilakukan vaksin covid-19 tahap kedua.

“Semua orang yang sudah divaksin akan mendapatkan kartu imunisasi. Karena dalam kartu tersebut tercantum waktu yang bersangkutan kontrol dan akan menerima vaksin kedua,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Maluku, dr Maykel Pontoh, keoada wartawan usai pemberianKartu Imunisasi Covid-19 kepada Gubernur Maluku dan Forkopimda, Jumat (15/01/2021).

Saat ini kata Pontoh, pemberian vaksin tahap pertama kemudian dosis keduanya akan diberikan 14 hari kemudian.

Lebih lanjut Pontoh menjelaskan bahwa kartu ini bisa berguna saat orang melakukan perjalanan tanpa harus mengikuti uji swab lagi.
“Bagi mereka yang tekah divaksin maka ketika mereka melakukan perjalanan tidak lagi menunjukkan surat swab karena sudah ada kartu imunisasi. Bahkan kalau mau melakukan perjalanan ke luar negeri orang yang sudah divaksin akan peroleh sertifikat,” jelas Pontoh.

Pontoh menjelaskan, vaksin tahap pertama untuk tenaga kesehatan dan para pelayan publik, untuk masyarakat akan dilakukan tahap berikut.

Tahap pertama kata Pontoh, ada dua gelombang yakni tenaga kesehatan, TNI/Polri, pelayan publik, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan nanti diatas 60 tahun dan baru ke masyarakat.

Bagi mereka yang pernah terkonfirmasi Covid-19 sudah memiliki antibodi spesifik terhadap virus ini.
“Untuk saat ini belum bisa karena kita menggunakan Sinovac,” jelas Pontoh.

Untuk diketahui Penyerahan kartu imunisasi secara simbolis diberikan kepada Gubernur Maluku, Pangdam XVI Pattimura dan Sekum Sinode GPM langsung oleh staf dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI. (D2)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60